Analisis Lingkungan Eksternal dan Internal dalam Menyusun Strategi Perusahaan (Studi Perencanaan Strategi Komoditi Kelapa Sawit pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero))

Gunawan, Dedi Septiadi (2014) Analisis Lingkungan Eksternal dan Internal dalam Menyusun Strategi Perusahaan (Studi Perencanaan Strategi Komoditi Kelapa Sawit pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero)). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PTPN III (Persero) merupakan Perusahaan milik negara (BUMN) yang bergerak di industri perkebunan tanaman kelapa sawit dan tanaman karet. Karakteristik Industri perkebunan, khususnya komoditas tanaman kelapa sawit, merupakan industri dengan tingkat persaingan yang ketat dan lingkungan yang dinamis. Ketidakpekaan dan ketidakmampuan perusahaan dalam menganalisa dan beradaptasi dengan cepat dan tepat terhadap perubahan lingkungan internal dan eksternal yang dinamis dan kompetitif tersebut dapat “melumpuhkan” kinerja perusahaan yang secara perlahan dan tanpa disadari dapat menyebabkan kebangkrutan perusahaan. Karenanya, untuk tumbuh menjadi perusahaan yang unggul dan berkelanjutan perusahaan dituntut memiliki kemampuan dalam merumuskan dan mengimplemantasikan strategi bisnisnya secara optimal sehingga perusahaan mampu menghasilkan keunggulan kompetitif ( competitive advantage ) dari pengelolaan sumberdaya-sumberdaya yang dimilikinya. Tujuan penelitian terapan yang diinginkan adalah menetapkan strategi korporasi yang unggul dalam persaingan ( champion ) dan memberikan pertumbuhan perusahaan secara berkelanjutan ( sustainable growth ) yang dapat dijadikan rujukan managemen dalam menetapkan kebijakan strategi bisnis kelapa sawit PTPN III kedepan. Tahapan tujuan penelitian dirinci sebagai berikut: mengevaluasi konsistensi, kesesuaian, kelayakan, dan keunggulan existing strategy PTPN III terhadap kondisi lingkungan saat ini, melakukan mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang merupakan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi bisnis kelapa sawit PTPN III, mengembangkan matrik EFE, IFE, dan CPM untuk mendapatkan 10 (sepuluh) faktor-faktor lingkungan eksternal-internal utama yang mempengaruhi kebijakan strategi perusahaan, dan menentukan strategi terbaik pada komoditi kelapa sawit PTPN III. Objek penelitian ini adalah PTPN III. Penelitian Terapan ( applied research ) ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuisioner kepada responden sebagai data primer. Pemilihan responden dilakukan secara purposive ( purposive sampling). FGD dilakukan oleh lima orang pelaku industri kelapa sawit untuk menentukan bobot dan rating nilai pada matrik EFE, IFE, CPM, dan QSPM. Data sekunder diperoleh dari dokumen internal perusahaan dan sumber data lain yang relevan. Penelitian ini menggunakan pendekatan STEEPLE dan Five Forces Model Persaingan Porter untuk analisis lingkungan eksternal perusahaan. Untuk analisis internal menggunakan pendekatan analisis Rantai Nilai (VCA). Untuk analisis persaingan industri memilih empat perusahaan kelapa sawit pesaing melalui purposive sampling (berdasarkan kriteria tertentu dan hasil diskusi kelompok). Keempat pesaing tersebut adalah PTPN IV (Persero), PT. Astra Agro Lestari Tbk., PT. Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk., dan PT. London Sumatra Tbk. Tahap perencanaan strategi dimulai dengan mengevaluasi Visi-Misi, tujuan, dan strategi perusahaan, berdasarkan konsistensi, kesesuaian, kelayakan, dan keunggulan strategi yang dimiliki saat ini. Dari tahapan evaluasi ini diperlukan beberapa penambahan point pada Visi-Misi PTPN III, demikian juga tujuan tahunan dan strategi perusahaan saat ini. Kemudian dilakukan audit lingkungan eksternal-internal perusahaan melalui penyebarab kuisioner untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan kebijakan strategi perusahaan. Tahap perumusan dilakukan untuk mendapatkan kesesuaian antara hasil audit lingkungan eksternal-internal PTPN III dengan alternatif-alternatif strategi yang dapat dipilih perusahaan, menggunakan Matrik EFE, Matrik IFE, Matrik CPM, Matrik SWOT, Matrik SPACE, Matrik BCG, Matrik IE, dan Matrik Strategi Besar. Alternatif strategi yang didapat: strategi integrasi ke depan- ke belakang, strategi horizontal, strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan pasar, strategi pengembangan produk, dan strategi divesifikasi terkait. Pemilihan strategi terbaik dilakukan menggunakan Matrik QSMP, dimana Strategi terbaik pada komoditi kelapa sawit PTPN III adalah Strategi Pengembangan Produk ( Business Strategy)dan Strategi Integrasi ke Depan ( Corporate Strategy ). Tahapan implementasi strategi terpilih, menghasilkan kebijakan-kebijakan di level operasional yang mendukung strategi terpilih, antara lain: perubahan/penambahan modal ekuitas pada struktur pemodalan perusahaan, penambahan luas areal lahan kelapa sawit, pengembangan/hilirisasi produk CPO yang memberikan nilai tambah produk, dan bench marking sebagai sarana mempersiapkan SDM dan teknologi terbaik.

English Abstract

PTPN III (Persero) is a state owned enterprise (SOE) are engaged in industrial estate of palm oil and rubber plants. Characteristics of Industrial estates, especially palm oil trees, is an industry with high level of competition and dynamic environment. Insensitivity and inability of company to analyze and adapt quickly and appropriately to changes in internal and external environment and competitive dynamic, could "cripple" companys performance that gradually and without realizing it can lead to bankruptcy of company. refore, to become a superior company with sustainable growth its required ability to formulate and implement best corporate strategy to generate competitive advantage from managing company internal resources. purpose of this research is to determine corporate strategy to become a champion of competition and providing sustainable growth that can be used as a reference for management in setting PTPN III palm oil strategy policy. This research objectives detailed as follows: evaluate consistency, suitability, feasibility and advantages of existing strategy of PTPN III against existing environmental conditions, to identify and analyze internal and external environment factors which are strengths, weaknesses, opportunities and threats for palm oil business PTPN III, developed EFE, IFE, and CPM matrix to get 10 (ten) keys of external-Internal environmental factors that affect in determaining best palm oil strategy in PTPN III. object of this research is PTPN III. This type of applied research use a quantitative approach. Method survey conducted by distributing questionnaires to respondents as primary data. Purposively selects respondents (purposive sampling). FDGs also conducted by five men palm oil industry players to determine weight ang rating values on EFE, IFE, CPM, and QSPM Matrix. Secondary data were obtained from company internal document and o r relevant data sources. This research uses STEEPLE and Porters Five Forces Model analysis approach to analyze company external environment. For Internal analysis using Value Chain analysis approach (VCA) to analyze its internal resources. For analysis of industry competition selected four palm oil company competitors through purposive sampling (based on certain criteria and results of discussion groups). Fourth oil palm plantation companies are PTPN IV (Persero), PT. Astra Agro Lestari Tbk., PT. Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk., And London Sumatra Tbk PT. Strategic planning stage begins with evaluating Vision-Mission, goals, and strategies of PTPN III. From this evaluation stage takes some additional points on Vision-Mission PTPN III, as well as annual goals and strategies of company. n do internal-external environmental audit firm to determine factors that influence policy-setting business strategy. Formulation stage is done by getting suitability between results of internal-external environment audit with alternative strategis resulted using EFE Matrix, IFE Matrix, CPM Matrix, SWOT Matrix, SPACE Matrix, BCG Matrix, IE Matrix and Grand Strategy Matrix. Alternative strategies are available: forward and backward strategy, integration strategy, horizontal strategy, market penetration strategy, market development strategy, product development strategy, and related diversification strategy. best business strategy selected using QSMP Matrix, where best Strategy result for PTPN III is Product Development Strategy (Business Strategy) and Foward Integration Strategy (Corporate Strategy). Implementation stage of chosen strategy, is to generate policies at operational level, include: changes of company capital structure, addition of oil palm land area, development downstream palm oil products that produce value-added, and bench marking as a means of preparing HR and best technology.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.401 2/GUN/a/041408103
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 08 Jan 2015 10:39
Last Modified: 19 Apr 2022 01:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159602
[thumbnail of DEDI SEPTIADI GUNAWAN.pdf] Text
DEDI SEPTIADI GUNAWAN.pdf

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item