Belo, JoaquimCorreia (2010) Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan terhadap Pelanggan Air Bersih di Kota Dili (Studi pada Kantor DNAS Dili, Timor-Leste). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini menyoroti masalah upaya peningkatan kualitas pelayanan terhadapa pelanggan air bersih di kota Dili. Karena air bersih merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi manusia dan makluk hidup lainnya. Manfaat bagi manusia adalah untuk minum, masak, mandi dan kebutuhan dasar lainnya sampai kebutuhan pengelola industri Dalam penelitian upaya peningkatan kualitas pelayanan terhadap pelanggan air bersih di Kota Dili, Timor-Leste ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa permasalahan tentang kualitas pelayanan terhadap pelanggan. Fokus dari penelitian ini adalah gambaran Pelayanan air bersih di kantor DNSAS Kota Dili antara lain; Produksi dan Retribusi Air Bersih, Prosedur Pemasangan Layanan Sambungan Baru, Prosedur Penanganan Layanan Pengaduan Pelanggan. Upaya DNSAS dalam meningkatan kualitas pelayanan air bersih di Kota Dili yaitu antara lain Eksternal, Internal. Faktor pendukung dan penghambat dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan air bersih. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekataan kualitatif. Dengan pendekaan ini, dapat diharapkan hasil penelitian lebih mengena dan mendalam sebagaimana tujuan penelitian. Kesimpulan dan analisis dari penelitian ini yaitu pelaksanaan pelayanan air bersih di kota Dili yang dilakukan oleh DNSAS belum maksimal. Karena Pelayanan air bersih di kantor DNSAS Kota Dili dilihat dari Produksi dan Retribusi Air dari sumber air lebih dari cukup untuk di retribusikan kepada masyarakat Kota Dili, termasuk institusi pemerintah, perusahan-perusahan swasta, hotel dan restoran-restoran. Sedangkan tingkat pelayanan khususnya sistem penyedian air bersih di Kota Dili di bagi dalam 10 zona pelayanan air bersih dengan sumber air bersih dan jaringan distribusi masing-masing. Prosedur pemasangan layanan sambungan baru. Sistem dan prosedur kerja untuk setiap aspek pengelolaan sistem penyedian air bersih di kota Dili belum memadai. DNSAS belum memiliki buku pedoman untuk dijadikan acun pegawai dalam melaksanakan seluruh tugas dan tanggungjawabnya. Kualitas pelayanan terhadap pelanggan Kota Dili dalam menanggapi keluhan/ pengaduan dari masyarakat masih rendah. Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Pelayanan Air Bersih di Kantor DNSAS Kota Dili dilihat dari secara eksternal dan internal. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan air bersih di DNSAS Kota Dili Timor-Leste adalah; faktor penghambat yaitu sarana transmisi dan distribusi tidak memadai. Sebagian pipa distribusi sudah tua/tidak layak (zaman Portugis), belum terpasnya meter air bersih, menutup kebocoran masih memakai karet (bahan dalam roda). struktur DNSAS belum permanen, Latar belakang pendidikan Pegawai DNSAS sangat minim, loket pembayaran, pendaftaran dan menyampaikan keluhan/pengaduan terlalu sempit, Faktor pendukung yaitu Sebagian besar sistem pengaliran air mengunakan gravitasi, dukungan dana dari pemerintah dan Donor cukup baik, memiliki 4 unit WTP, 4 tangki Reservoir serta 12 unit pompa, memiliki 40 unit mobil dan 175 unit sepeda motor.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658. 812/BEL/u/041100718 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 21 Mar 2011 09:11 |
Last Modified: | 21 Mar 2011 09:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159305 |
Actions (login required)
View Item |