Penerapan Skeptisisme Profesional Auditor Internal Pemerintah Dalam Mendeteksi Kecurangan di Sektor Publik (Studi pada Auditor di BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur).

Kartikasari, RimaNovi (2016) Penerapan Skeptisisme Profesional Auditor Internal Pemerintah Dalam Mendeteksi Kecurangan di Sektor Publik (Studi pada Auditor di BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan skeptisisme profesional auditor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur dalam mendeteksi kecurangan di sektor publik.Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada informan yang ditetapkan secara snowball. Penerapan skeptisisme profesional akan dipahami berdasarkan karakteristik sikap yang membentuknya sebagaimana dinyatakan oleh Hurtt (2010). Hasil penelitian menunjukkan bahwa auditor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur menerapkan skeptisisme profesional pada tiap tahapan audit yang dilakukannya dalam mendeteksi kecurangan di sektor publik. Hal ini tercermin pada cara berpikir kritis ketika memahami suatu kasus kecurangan, melakukan penangguhan saat pengambilan keputusan, membentuk keyakinan dengan mencari pengetahuan dan memahami pribadi lainnya, serta adanya motivasi diri dan percaya diri yang dimiliki. Karakteristik sikap skeptis tersebut dapat terbentuk dari bawaan diri, tingkat pengalaman, dan kondisi sekitarnya.Implikasi penelitian ini adalah meningkatkan perhatian bagi auditor dalam menerapkan skeptisisme profesional dan pentingnya mempertimbangkan karakteristik sikap skeptis saat merencanakan penugasan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.45/KAR/p/2016/041611630
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.4 Specific fields of accounting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jan 2017 08:13
Last Modified: 11 Dec 2020 17:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159188
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item