BKG

Muiz, IsnaDinul (1900) Evaluasi Sistem Pemberian Air Daerah Irigasi Kedung Putri Guna Meningkatkan Intensitas Tanam Padi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi intensitas tanam serta kebutuhan air irigasi di DI. Kedung Putri berdasarkan data yang telah dikumpulkan. Serta memberikan rencana tanam yang paling efektif. D.I Kedung Putri terletak di Kabupaten Ngawi, Propinsi Jawa Timur. D.I. Kedung Putri mengairi areal irigasi persawahan seluas 1869 ha yang mencakup tiga kecamatan yaitu Paron, Ngawi, dan Geneng. Data yang diperlukan adalah data debit intake 10 tahun, skema jaringan irigasi, data jenis tanaman, jadwal/pola tanam, luas area tanam, data jenis tanah. Pada studi ini dilakukan evaluasi intensitas tanam serta kebutuhan air kondisi eksisting. Dari hasil evaluasi yang telah dilakukan kemudian membuat rencana pola tanam yang baru dengan meningkatkan intensitas tanam padi serta menghitung kebutuhan air. Pada kajian ini penulis menggunakan dua metode pemberian air yaitu metode SCH (Stagnant Constant Head) atau dikenal dengan terus-menerus dan metode pemberian air secara terputus-putus yaitu SRI (System of Rice Intensification). Dari hasil evaluasi pada kondisi eksisting pada Musim Kemarau II (Musim Tanam III)tidak sesuai, karena direncanakan rerata luasan tanam padi dengan intensitas 17,57% . pada kenyatannya di eksisting penanaman padi 0%. Sedangkan penanaman padi gadu tidak ijin dengan intensitas tanam rerata mencapai 73,05%. Dari hasil pembahasan dengan membandingkan tiga pola tanam yaitu pola tanam eksisting, RTTG dan pola tanam rencana, intensitas tanam padi pada pola tanam rencana adalah yang paling tinggi yaitu 91,49% pada semua periode tanam. Selain hal tersebut, Metode SRI lebih hemat air 77,21% dibandingkan metode SCH. Apabila menggunakan metode SCH pada perhitungan kebutuhan air irigasi, pemberian air secara gilir sangat banyak yaitu 83,33%. Selain hemat air, metode SRI juga dapat meningkatkan pendapatan petani dari hasil produksi gabah kering yang mencapai 180,52%.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/631.587/MUI/e/2017/041702252
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.5 Cultivation and harvesting
Divisions: S2 / S3 > Magister Teknik Pengairan, Fakultas Teknik
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158909
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item