BKG

Atmaja, RiaRamadhaniDwi (2016) Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Ketepatan Perawat Dalam Melakukan Prosedur Triage Di Instalasi Gawat Darurat (Igd) Rsud Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang Dan Rsud Mardi Waluyo Kota B. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Triage merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh perawat untuk memilah pasien berdasarkan keluhan utama pada saat datang ke pelayanan gawat darurat, dan bertujuan untuk memberikan prioritas perawatan kepada pasien sesuai tingkat urgensi dan jenis permasalahan. Perawat IGD dalam melakukan triage harus berdasarkan suatu standar prosedur. Untuk dapat melakukan prosedur triage yang tepat, perawat gawat darurat harus memiliki kompetensi yang dibutuhkan dalam triage yang terdiri dari pengetahuan dasar tentang triage, skill/ketrampilan dan sikap yang dibutuhkan untuk melakukan triage. Selain kompetensi, ada beberapa faktor yang berperan dalam melakukan triage di IGD, yaitu faktor intrinsik dan ekstrinsik perawat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor apa saja yang berhubungan dengan ketepatan perawat dalam melakukan prosedur triage di IGD RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang dan RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar. Rancangan penelitian ini menggunakan analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 32 responden dengan menggunakan teknik total populasi. Yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah semua perawat yang bekerja aktif di IGD RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang dan RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar. Pengambilan data dilakukan bulan Juni-Juli 2016. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan kuesioner. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis multivariat Partial Least Squares (PLS). Hasil analisis multivariat menunjukkan terdapat hubungan tingkat pengetahuan (pvalue 0.000; t-statistic 5.263), tingkat keterampilan (p-value 0.000; t-statistic 11.357), sikap (p-value 0.000; t-statistic 17.190), faktor intrinsik (p-value 0.000; t-statistic 6.328) terhadap ketepatan perawat dalam melakukan prosedur triage. Faktor yang tidak berhubungan dengan ketepatan perawat dalam melakukan prosedur adalah faktor ekstrinsik (p-value 0.579; t-statistic 0.556). Faktor intrinsik yang paling berkontribusi dalam meningkatkan ketepatan perawat dalam melakukan prosedur triage adalah pelatihan (p-value 0.000; t-statistic 13.042; outer loading 0.896). Kesimpulan didapatkan hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan, tingkat keterampilan, sikap, faktor intrinsik perawat terhadap ketepatan perawat dalam melakukan prosedur triage di IGD RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang dan RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar. Faktor yang tidak berhubungan dengan ketepatan perawat dalam melakukan prosedur triage adalah faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik yang paling berkontribusi dalam meningkatkan ketepatan perawat dalam melakukan prosedur triage adalah pelatihan.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/617.025/ATM/a/2016/041611249
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology
Divisions: S2 / S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158488
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item