BKG

Baharuddin, Alfan (2015) Manajemen Lalu Lintas Pemindahan Pedagang Kaki Lima (Pkl) Pada Kawasan Alun-Alun Kota Tegal. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Kelancaran lalu lintas pada setiap kawasan mutlak harus didukung oleh kemampuan infrastruktur dalam memenuhi permintaan yang ada. Akan tetapi, penyediaan infrastruktur yang baik tanpa dibarengi oleh manajemen lalu lintas tidak akan menghasilkan kinerja lalu lintas yang optimal. Kedua hal tersebut harus dipenuhi secara bersamaan jika kita menginginkan kinerja lalu lintas secara optimal. Pada kawasan alun-alun kota tegal terdapat pedagang kaki lima yang berjualan, kondisi tersebut telah menyebabkan permasalahan pada beberapa ruas jalan disekitar kawasan alun-alun dimana para pedagang menjual dagangannya diluar pasar tepatnya diruas jalan, kondisi parkir yang tidak teratur sehingga perlu adanya manajemen lalu lintas untuk mengoptimasikan penggunaan prasarana yang ada, meningkatkan efisiensi pergerakan lalu lintas secara menyeluruh dengan tingkat aksesibilitas yang tinggi serta menyeimbangkan permintaan terhadap prasarana yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja lalu lintas pada kawasan alun-alun kota Tegal. Lokasi penelitian yaitu pada kawasan alun-alun Kota Tegal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan bantuan rumus MKJI dan Aplikasi perangkat lunak (Software) Contram Versi 5 digunakan untuk mengetahui kinerja lalu lintas pada kondisi eksisting dan dimasa yang akan datang di kawasan alun-alun kota tegal. . Manajemen lalu lintas yang diterapkan harus mempertimbangkan pengaruh terhadap unjuk kerja lalu lintas. Berdasarkan hasil analisa, strategi yang diterapkan untuk mengatasi permasalahan lalu lintas yang diakibatkan oleh pedagang kaki lima pada kawasan alun alun-alun kota tegal dengan menerapkan salah satu dari dua skenario yaitu skenario I yang memperlihatkan kinerja lalu lintas pasca pemindahan lima tahun yang akan datang yaitu untuk jalan yang berstatus fungsi jalan kolektor primer yang terdiri dari jalan kolonel sudiarto, jalan, pancasila III, V dan semeru memiliki nilai tingkat pelayanan “C”, sedangkan untuk lima tahun yang akan datang jalan kolonel sudiarto memiliki tingkat pelayanan “E”. Sedangkan untuk jalan yang memiliki fungsi jalan kolektor sekunder yaitu jalan Tentara Pelajar memiliki nilai tingkat pelayanan “A”. Dalam pelaksanaan strategi tersebut di atas, dukungan dari semua pihak yang terkait mutlak diperlukan, sehingga Pemerintah Kota Tegal harus mampu men-sosialisasi-kan strategi yang akan diterapkan kepada masyarakat dan melakukan penekanan/ketegasan hukum dalam pelaksanaannya di lapangan. Kata kunci: Pedagang Kaki Lima (PKL), Tingkat pelayan kinerja, kawasan alun-alun.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/388.413 12/BAH/m/2015/041505528
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.4 Local transportation
Divisions: S2 / S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157409
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item