Manajemen Lalu Lintas Pada Simpang Borobudur Kota Malang

Genda, ErwinAras (2014) Manajemen Lalu Lintas Pada Simpang Borobudur Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Jalan Borobudur, Jalan A. Yani dan Jalan Adi Sucipto Kota Malang terdapat dua simpang bersinyal yang berjarak sangat dekat. Hal ini membuat tundaan ganda untuk kendaraan yang akan berbelok ke kanan. Dengan adanya jarak simpang yang berdekatan, terkadang membuat tundaan pada saat-saat jam puncak ( peak hour ). Dengan adanya masalah ini perlu adanya pengkajian ulang untuk meningkatkan kinerja simpang. Simpang yang dianalisa pada penelitian ini adalah simpang bersinyal tiga lengan Jalan Borobudur dan Jalan A. Yani Kota Malang. Kondisi simpang tersebut menunjang terjadinya kemacetan lalu lintas karena kawasan tersebut merupakan jalan menuju pusat perekonomian, pusat perkantoran, kampus dan rekreasi. Kemacetan yang ada semakin bertambah karena jarak simpang yang sangat pendek sehingga terkadang menambah antrian kendaraan yang akan berbelok arah ke kanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara Diskriptif Analitis. Diskriptif berarti penelitian memusatkan pada masalah-masalah yang ada pada saat sekarang. Keadaan lalu lintas di daerah penelitian dapat diperoleh data yang akurat dan cermat, sedangkan Analitis berarti data yang dikumpulkan mula-mula disusun, dijelaskan kemudian dianalisis. Dari hasil penelitian didapatkan jam puncak pada hari sabtu sore sebesar 2423 smp/jam. Tingkat pelayanan Simpang Borobudur masuk dalam kelas elayanan jalan F. Dari prediksi 5 tahunan diketahui bahwa tundaan rata-rata pada simpang bersinyal Borobudur paling tinggi adalah 44,6. Keadaan tersebut masuk ke dalam kelas E. Perekayasaan didasarkan dengan memperbaiki waktu siklus yang ada sebagai salah satu alternatif perbaikan simpang.

English Abstract

On the Road Borobudur, Jalan A. Yani and Jl Adisucipto Malang City there are two signalized intersections within very close. This makes the double delay to vehicles will turn right. With the distance of adjacent intersections, sometimes make delays at times of peak hours (peak hours). Given these problems is need for reassessment to improve the performance of the intersection. Intersections were analyzed in this study is a three junction Borobudur Road and A. Yani road Malang City. Support the occurrence of adverse conditions such as traffic congestion the area is the road to economic centers, central offices, and campus recreation. Congestion is increasing because there is a very short distance of the intersection so that sometimes add to the queue of vehicles that will turn to the right direction. The method used in this study with a descriptive analytical way. Descriptive means of research focusing on the problems that exist in the present. Traffic conditions in the study area can be obtained accurate data and careful, while the mean Analytical data collected initially arranged, described and analyzed. From the results, the peak hour on Saturday afternoon at 2423 pcu / hour. Borobudur Intersection level of service included in the service class F. Of the predicted 5 year note that the average delay at signalized intersections Borobudur highest is 44.6. The state entered into E. Engineering class based with existing repair cycle time as one intersection improvement alternatives .

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/388.413 1/GEN/m/2015/041501278
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.4 Local transportation
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 02 Jul 2015 13:22
Last Modified: 02 Jul 2015 13:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157406
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item