BKG

Wanto, Ahyus (2016) Dampak Pengoperasian Mass Rapid Transit (MRT) terhadap Kinerja Rute Transjakarta Bus Rapid Transit (BRT) di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta,. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Mass Rapid Transit (MRT) dan Bus Rapid Transit (BRT) merupakan angkutan umum massal yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Berdasarkan Peraturan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 103 Tahun 2007 tentang Pola Transportasi Makroj.o. SK Gubernur No. 84 tahun 2004 j.o. Perda No. 12 Tahun 2003, Pengembangan Angkutan Umum Massal termasuk satu diantara strategi dalam mengatasi permasalahan Transportasi di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, yang meliputi: Mass Rapid Transit (MRT)/Subway;Bus Rapid Transit (BRT)/Busway; dan Light Rail Transit (LRT). Rute BRT koridor I (Blok M-Kota), yang sudah beroperasi sejak tahun 2004, akan bersinggungan sepenuhnya dengan rute MRT yang sedang dibangun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pengoperasian MRT terhadap kinerja rute BRT koridor I serta strategi dalam rangka mengantisipasi dampak tersebut. Data dihimpun melalui kuesioner Stated Preference yang disebarkan kepada 400 pengguna BRT koridor I yang dipilih dengan metode purposive Sampling selama bulan Juli 2016. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan metode logit biner (binary logit), sehingga diperoleh model pemilihan moda antara BRT terhadap MRT dan Probabilitas penumpang yang akan beralih dari moda BRT ke moda MRT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengoperasian MRT akan menambah pilihan moda baru dan berpengaruh terhadap perilaku pemilihan moda pengguna BRT yang dapat dinyatakan dengan Model fungsi utilitas VMRT-BRT= 13,015-0,0011TARIF +1,3504FREKUENSI – 0,1195WAKTU. Berdasarkan model diperoleh nilai likelihood ratio sebesar 546,078 serta nilai waktu sebesar Rp 1.178 per menit (Rp 70.680 per jam). Dampak terhadap kinerja rute adalah penurunan jumlah penumpang dan penurunan pendapatan BRT. Diantara strategi kebijakan yang direkomendasikan adalah penyesuaian jadwal operasi armada, penyesuaian rute, integrasi tiket serta kemudahan akses untukmencapai feeding system yang sinergis antara BRT dan MRT.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/388.4/WAN/d/2016/041612189
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.4 Local transportation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157401
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item