BKG

Saifudin, AdithyaPrayoga (2014) Kajian Rencana Pelayanan Angkutan Massal di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Kota Malang dengan jumlah penduduk 836.373 jiwa memerlukan jasa pelayanan angkutan umum perkotaan yang sesuai kebutuhan dan keinginan masyarakat. Belum tersedianya pelayanan angkutan umum massal di Kota Malang dan buruknya pelayanan angkutan perkotaan yang ada saat ini menyebabkan menurunnya jumlah pengguna angkutan umum. Untuk itu perlu melakukan kajian guna mengetahui kinerja pelayanan angkutan perkotaan saat ini serta standar pelayanan minimal angkutan massal yang sesuai kebutuhan pelayanan masyarakat Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode Importance Perfomance Analysis , proporsi pilihan, dan logit biner nisbah. Dengan metode pengumpulan data melalui survey wawancara dan kuisioner yang diisi oleh pengguna jasa angkutan kota sebagai responden. Hasil penelitian menunjukan kinerja pelayanan angkutan perkotaan yang ada saat ini berada pada nilai rata-rata 2,75 skala likert dengan 6 variabel prioritas utama perbaikan, yaitu f asilitas kesehatan, lampu isyarat tanda bahaya, informasi pelayanan, peralatan keselamatan, umur kendaraan, dan Headway. Pelayanan angkutan massal yang diinginkan diantaranya sistem tarif flat , tiket smart card , menggunakan loket tiket. Rekomendasi yang diberikan ialah pelayanan angkutan umum yang cepat, tepat, aman, nyaman, selamat dan murah. Dengan mayoritas pengguna jasa angkutan perkotaan yang ada saat ini 67% mahasiswa/pelajar, dengan tingkat penghasilan 66% kurang dari Rp.500.000, dan kepemillikan kendaraan 48% tidak memiliki kendaraan, serta kinerja headway angkutan yang perlu diperbaiki, mendapatkan kesesuaian dengan hasil pemilihan moda yang ditawarkan kepada pengguna, dengan proporsi 83% memilih menggunakan angkutan umum massal perkotaan yang direncanakan dengan waktu tempuh, waktu menunggu dan kualitas pelayanan yang lebih baik.

English Abstract

Malang city with a population of 836.373 people require the services of urban public transport that fit the needs and desires of the community. Unavailability of mass public transport services in the city of Malang and bad service urban transport current causes the decrease in the number of public transport users. It is necessary to conduct a study to determine the performance of the current urban transport services and minimum service standards for mass transit services that suit the needs of the community in Malang. This study uses importance performance analysis, choice proportions, and binary logit ratio. The result showed the performance of existing urban transport service currently stands at an average value of 2.75 Likert scale with 6 variable key improvement priorities, namely health facilities, alarm signal light, information services, safety equipment, vehicle age, and headway. Desired mass transit services including flat rate system, smart card ticket, use the ticket counter. Recommendations are given public transport service is fast, accurate, safe, convenient, safe and cheap. With the majority of users of urban transport services available today 67% of students/learners, with a 66% rate of income is a less than 500,000, and 48% proprietary vehicle does not have a vehicle, as well as transport headway performance needs to be improved, obtain compliance with the mode of election results offered to the user, with a proportion of 83% choose to use the urban mass transportation planned travel time, waiting time and better service quality.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/388.4/SAI/k/041405778
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.4 Local transportation
Divisions: S2 / S3 > Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157400
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item