Analisis Pengaruh Karakteristik Migrasi Terhadap Pendidikan Anak Pada Migrasi Internal (Studi Kasus Empat Kota Di Indonesia)

Mustapita, Arini Fitria (2016) Analisis Pengaruh Karakteristik Migrasi Terhadap Pendidikan Anak Pada Migrasi Internal (Studi Kasus Empat Kota Di Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah karakteristik migran berpengaruh terhadap partisipasi sekolah, anak tinggal kelas dan prestasi siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Rumici. Dimana lokasi penelitian dilakukan di empat kota besar pada empat pulau, yaitu Kota Tangerang, Kota Medan, Kota Samarinda dan Kota Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah probit logit, dengan membedakan setiap variabel pada karakteristik migran. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa untuk variabel partisipasi sekolah, karakteristik yang berpengaruh signifikan adalah pendidikan. Untuk variabel anak tinggal kelas variabel yang berpengaruh signifikan adalah variabel pendidikan dan Kota Medan. sedangkan untuk prestasi sangat bagus, bagus dan rata-rata, variabel yang berpengaruh signifikan adalah variabel Pendidikan, kemiskinan dan Kota Medan, sedangkan untuk kategori buruk hanya variabel pendidikan dan Kota Medan saja yang berpengaruh signifikan. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pendidikan orang tua maka kesadaran akan pentingnya pendidikan anak juga semakin tinggi pula, selain itu orang tua juga dapat menjadi insiprasi untuk anak-anaknya dalam bidang pendidikan. Sedangkan untuk kemiskinan, anak dari keluarga miskin akan bersaing dengan anak dari keluarga kaya yang mampu untuk memenuhi kebutuhan akan pendidikan sang anak seperti halnya fasilitas pendidikan, gizi yang tercukupi dan juga tambahan les ataupun tambahan pelajaran yang lainnya. Dan untuk Kota Medan yang berpengaruh signifikan karena migran dengan tujuan pendidikan di Kota Medan lebih besar dibandingkan Kota Tangerang. Jadi secara tidak langsung proses-proses pembelajaran baik anak migran maupun para migran lebih banyak terjadi di Kota Medan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/370.11/MUS/a/2016/041607256
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Philosophy and theory, education for specific objectives, educational psychology
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Dec 2016 09:00
Last Modified: 30 Mar 2022 08:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157271
[thumbnail of Arini Fitria Mustapita.pdf]
Preview
Text
Arini Fitria Mustapita.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item