BKG

PuspitoarumDW, MonikAjeng (2016) Perencanaan Pembangunan Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Cilacap (Studi Di Dinas Pertanian Dan Peternakan Kabupaten Cilacap. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pertanian tanaman pangan merupakan subsektor pertanian yang memegang peranan penting dalam memelihara stabilitas ekonomi nasional. Pembangunan diawali dengan perencanaan. Adanya paradigma perencanaan pembangunan efektif yang merupakan kolaborasi antara perencanaan prosedural dengan perencanaan substantif menuntut adanya integrasi antara perencanaan partisipatif dan teknokratik. Dalam perencanaan pembangunan pertanian tanaman pangan Kabupaten Cilacap, partisipasi masyarakat terutama petani masih belum optimal. Perencanaan pembangunan pertanian terutama tanaman pangan disusun dengan harapan mampu menghadirkan perbaikan atau pengembangan sistem pertanian di Kabupaten Cilacap serta berusaha menimbulkan perubahan-perubahan yang lebih balk di masa depan. Oleh karenanya, diperlukan berbagai inovasi untuk mewujudkan tujuan dari perencanaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang proses perencanaan pembangunan pertanian tanaman pangan di Kabupaten Cilacap serta menganalisis inovasi dalam perencanaan pembangunan pertanian tanaman pangan Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model interaktif melalui tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses perencanaan pembangunan pertanian tanaman pangan di Kabupaten Cilacap didominasi pendekatan teknokratik dan top down. Usulan program dan kegiatan hasil teknokratik lebih banyak jika dibandingkan usulan hasil musrenbang, hal tersebut diakibatkan karena kurangnya keterlibatan kelompok tani dalam proses perencanaan. Faktor-faktor yang mendukung perencanaan adalah aspek hukum, aspek geografis dan demografis Kabupaten Cilacap. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat perencanaan yaitu aspek anggaran, sumber daya manusia, koordinasi lapangan serta teknologi dan inovasi. Perencanaan Pembangunan pertanian tanaman pangan di Kabupaten Cilacap belum mempertimbangkan inovasi secara optimal dalam proses perencanaannya. Penerapan teknologi dilakukan sebagai pelaksanaan program yang bersifat rutinitas. Proses perencanaan pembangunan pertanian tanaman pangan di Kabupaten Cilacap berjalan balk melalui beberapa tahapan yaitu perumusan tujuan, pengumpulan dan analisis data, koordinasi, dan penentuan program dan kegiatan prioritas. Inovasi dalam perencanaan dapat dijadikan modal awal dalam pembentukan sistem inovasi perencanaan pembangunan pertanian tanaman pangan di Kabupaten Cilacap.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/354.5/PUS/p/2016/041702346
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.5 Public administration of agriculture
Divisions: S2 / S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157023
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item