BKG

Su`udia, Cynthia (2015) Pengawasan Ombudsman Dan Komisi Pelayanan Publik Dalam Rangka Mengurangi Maladministrasi (Studi Di Ombudsman Ri Perwakilan Jawa Timur, Komisi Pelayanan Publik Dan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kot. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pelayanan publik merupakan hak warga negara yang tertuang dalam UUD 1945. Pelayanan publik diatur dalam UU No. 25 Tahun 2009. Dalam penyelenggaraannya, pelayanan publik diwarnai dengan penyimpangan dan penyelewengan yang disebut dengan maladministrasi. Agar pelayanan publik di Jawa Timur selalu prima diperlukan adanya pengawasan dari lembaga pengawas. Di Jawa Timur memiliki keunikan dengan memiliki dua lembaga pengawas eksternal yaitu Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur dan Komisi Pelayanan Publik. Berdasarkan atas laporan tahunan periode tahun 2014 Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur dan Komisi Pelayanan Publik menunjukkan minimnya laporan pengaduan dari masyarakat Kota Malang. Studi ini fokus pada mengidentifikasi penyimpangan pelayanan perizinan di Kota Malang yang diselenggarakan oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T), peran Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur dan Komisi Pelayanan Publik dalam upayanya mengurangi maladminstrasi di Kota Malang dan mengetahui faktor yang mendorong dan mencegah terjadinya maladministrasi di bidang pelayanan perizinan di Kota Malang. Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk pengaduan masyarakat di BP2T tidak sesuai dengan kategori pengaduan pada lembaga pengawas eksternal dan masih adanya maladministrasi dalam BP2T; peran kedua lembaga pengawas eksternal dalam melaksanakan fungsinya tidak terjadi tumpang tindih dan pada tahun 2014 kedua lembaga pengawas eksternal belum melaksanakan fungsi pengawasan secara signifikan dalam rangka pencegahan maladministrasi untuk mengurangi maladministrasi di Kota Malang; dan penyebab terjadinya maladministrasi di BP2T dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Kata kunci: Pengawasan, Pelayanan Publik, Maladministrasi.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.88/SUU/p/2015/041507175
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.8 Public administration of general forms of control
Divisions: S2 / S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156947
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item