BKG

Febriyanti, Nanie (2014) Perencanaan Pengembangan E-Government Dalam Pelayanan Pajak Reklame Di Kabupaten Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) dimana PAD diperlukan sebagai penopang pembangunan daerah. Pelayanan publik terutama dalam pelayanan pajak akan berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan masyarakat (wajib pajak) dalam melakukan kewajiban perpajakannya. Oleh karena itu, diperlukan suatu inovasi dari pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada publik, agar pelayanan yang selama ini terlihat berbelit-belit, adanya biaya yang tidak jelas, dan terkadang belum bisa diakses oleh masyarakat menjadi lebih efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Salah satu inovasi yang perlu dilakukan oleh pemerintah adalah peningkatan penggunaan sistem informasi dalam lingkup e-government. Hal ini merupakan salah satu cara yang bertujuan untuk menjawab tuntutan masyarakat kepada pemerintah untuk semakin meningkatkan pelayanannya menuju tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data berasal dari informan dan dokumen-dokumen. Teknik pengumpulan data dari wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif model interaktif dari Miles dan Huberman (2009). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pengembangan e-government perlu dilakukan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dalam hal ini wajib pajak reklame. Pengembangan e-government perlu dilakukan agar sistem informasi yang telah ada selama ini bisa digunakan secara lebih optimal. Untuk melaksanakannya diperlukan suatu perencanaan yang matang dengan mempertimbangkan kondisi yang ada saat ini sebagai dasar untuk membuat perencanaan di masa mendatang. Perencanaan tidak terlepas dari faktor pendukung maupun penghambat dalam pelaksanaanya. Salah satu bentuk pengembangan e-government yang bisa dilakukan dalam menghadapi masalah dalam pelayanan pajak reklame di Kabupaten Malang adalah melakukan pelayanan pajak reklame secara online. Wajib pajak tidak perlu datang ke tempat unit kerja yang berwenang, tidak perlu antri, karena bisa dilakukan dari tempat dimana wajib pajak berada, dan tentu saja pelayanan menjadi lebih mudah, singkat, dan cepat. Dengan pelayanan pajak reklame secara online, bisa menjadi sarana bagi pemerintah dalam mewujudkan good governance melalui peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang lebih efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

English Abstract

The tax was one of the regional local revenue (PAD) where the PAD is required as a primary support for regional development. Public service primarily in taxes field will effect the level of compliance of communities (taxpayers) in performing the obligation to pay their taxes. Hence, it required an innovation from the government in providing services to the public, to make avoid too many (unnecessary) procedure, unnecessary cost, and unaccessible by the public in order to becoming more effective, efficient, transparent, and accountable. One of the innovations that have to be done by the Government was improving the use of information systems within the scope of e-government. This is one way that aims to answer the public demands to the Government to further improve its services towards good governance. Research methods used in this thesis is descriptive qualitative approach method. Data source are gathered from the informants and documents. Data collection techniques applied by participatory observation, interviews, and documentation. The analysis of the data used is qualitative analysis of interactive models from Miles and Huberman (2009). The result showed that improvement of e-government development planning needs to be done as one of the solution to improve services to the community (advertisement taxpayers). The development of e-government needs to be done to the existing information systems so far can be used optimally. To implement it we need a good planning by considering the current conditions as a basis for future planning. Of course, planning can not be separated from the supporting and restricting factors in its implementation. The one form of e-government development that can be done in the face of problems in the advertisement tax service in Malang Regency is doing advertisement tax services by online. The taxpayer does not need to come to a place of work units authorized, no need to queue, because it can be taken from the place where the taxpayer is located, and of course the service is easier, shorter, and faster. With online advertising tax services, could be a means for the government in achieving good governance through increasing public service more effective, efficient, transparent, and accountable.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.38/FEB/p/041400330
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management
Divisions: S2 / S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Hasbi
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156780
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item