Perlindungan Hukum bagi Bank dalam Perjanjian Kredit dengan Jaminan Deposito yang Tidak Ditandatangani Pasangan Hidup (Suami/Istri) di PT. Bank BPR BePeDe Kutai Sejahtera Kantor Pusat Tenggarong Kabup

Eswara, Hendra (2012) Perlindungan Hukum bagi Bank dalam Perjanjian Kredit dengan Jaminan Deposito yang Tidak Ditandatangani Pasangan Hidup (Suami/Istri) di PT. Bank BPR BePeDe Kutai Sejahtera Kantor Pusat Tenggarong Kabup. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh berkembangnya trend pemberian kredit kepada masyarakat usaha mikro kecil dan menengah dengan jaminan Deposito ( Cash Collateral ). Karena Deposito memiliki tingkat kepastian nominal yang sudah pasti dan paling likuid dibandingkan dengan jaminan lainnya dan proses pemberian kredit sangatlah cepat dan tidak berbelit-belit, namun menjadi permasalahan hukum tersendiri bagi bank, karena debitur yang memberikan deposito sebagai jaminan umumnya adalah debitur yang secara finansial kuat menyadari bergaining positionnya dibandingkan dengan debitur pada umumnya. Pemilik deposito selalu meminta pengecualian-pengecualian dalam pengikatan kredit/jaminannya, yaitu keberatan apabila pengikatan kredit/perjanjian kredit dan perjanjian jaminan gadai turut ditanda tangani istri/suami. Laporan hasil penelitian ini bersifat deskriptif analistis artinya mendeskripsikan fakta-fakta empitis dilapangan dengan menggunakan Analisa Normatif sehingga fakta-fakta tersebut mempunyai makna dan kaitan dengan permasalahan yang diteliti.

English Abstract

This study against the background by the growing trend of providing micro credit to small clan societies medium with guaranteed deposits (Cash Collateral) Because deposits have a nominal level of certainty that it is definitely the most liquid clan compared to other guarantees clan is very fast lending process is not complicated clan-convolution, but a separate legal issue for banks, because the debtor who gave deposits as collateral generally is a debitor who is financially strong to realize bergaining positionnya compared with the debtor in general. Owner deposits always ask for the exemptions in the binding of credit/guarantee, that objection if the binding loan/credit agreement and pledge collateral agreements also signed a wife. Report the results of this research is descriptive analytical means to describe the facts empitis Normative Analysis of the field by using the facts that have meaning and connection with the problem under study.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/346.082 3/ESW/p/041201306
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Hukum, Fakultas Hukum
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 27 Jul 2012 12:39
Last Modified: 27 Jul 2012 12:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156587
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item