Analisis Kinerja Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dan Implikasinya Bagi Kemandirian Ekonomi (Studi Di Kabupaten Tulungagung)

Nugraha, MahendraAdi (2014) Analisis Kinerja Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dan Implikasinya Bagi Kemandirian Ekonomi (Studi Di Kabupaten Tulungagung). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan menganalisis implikasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terhadap kemandirian ekonomi pada Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini lebih difokuskan pada kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Tulungagung dan implikasinya bagi kemandirian ekonomi. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus (case study). Sumber data berasal dari wawancara, observasi, dan dokumen-dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif Miles and Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini di deskripsikan bahwa kinerja BUMDes ditinjau dari Aspek Pelayanan dapat melayani masyarakat dengan baik, ditinjau dari Aspek Akuntabilitas dapat mewadahi berbagai program pemerintah, ditinjau dari Aspek Peningkatan Taraf Hidup dapat memiliki penghasilan tambahan dari BUMDes, ditinjau dari Aspek Ketaatan terhadap Undang-undang telah dilaksanakkan. Sedangkan implikasinya terhadap Kemandirian Ekonomi Mayarakat yaitu, kinerja BUMDes terkait aspek Pelayanan berimplikasi terhadap Kemandirian Ekonomi Mayarakat, kinerja BUMDes terkait aspek Akuntabilitas berimplikasi terhadap Meningkatnya Pendapatan Asli Desa, kinerja BUMDes terkait aspek Peningkatan Taraf Hidup berimplikasi terhadap pertumbuhan dan pemerataan ekonomi pedesaan, kinerja BUMDes terkait aspek Ketaatan Peraturan Perundang-undangan berimplikasi dalam kemampuan dalam pengelolaan potensi desa. Kata Kunci: Kinerja, Kemandirian Ekonomi

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/338.9/NUG/a/2014/041507197
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.9 Economic development and growth
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Oct 2015 09:03
Last Modified: 22 Aug 2022 04:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156091
[thumbnail of MAHENDRA ADI NUGRAHA.pdf] Text
MAHENDRA ADI NUGRAHA.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item