Pengaruh Variabel Fundamental Internal dan Eksternal terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia)

Maranressy, Inay Kristina (2011) Pengaruh Variabel Fundamental Internal dan Eksternal terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Laporan keuangan merupakan media komunikasi yang digunakan oleh perusahaan. Pemberian laporan keuangan secara rutin oleh perusahaan go public diartikan masing-masing perusahaan yang go public telah ikut partisipasi atau berupaya menjaga kestabilan maupun meningkatkan harga saham yang telah dijualnya. Harga saham diartikan sebagai harga pasar (market value) , yaitu harga yang berlaku dalam pasar pada saat tertentu. Penilaian ( valuation ) biasanya mengacu pada estimasi nilai intrinsik sebuah perusahaan atau sahamnya. Dalam menilai suatu saham dapat digunakan dua metode analisis, yaitu analisis teknikal dan analisis fundamental. Selain dipengaruhi oleh faktor-faktor fundamental internal juga dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal. Penelitian ini mengambil sampel dari 19 perusahaan pada perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia yang mempublikasikan laporannya dari tahun 2004-2008. Selain itu data juga diperoleh dari ICMD ( Indonesian Capital Market Directory ). Jenis penelitian ini adalah explanatory associative researce dan metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda untuk menjelaskan pengaruh antara variabel independen dan variabel dependen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara simultan adanya pengaruh yang signifikan dari ROI, DER, CR, TATO, Suku Bunga, Inflasi, dan Nilai Tukar terhadap Harga Saham. Secara parsial, ROI berpengaruh tidak signifikan terhadap Harga Saham, DER berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham, CR berpengaruh tidak signifikan terhadap Harga Saham, TATO berpengaruh sihnifikan terhadap harga saham, Inflansi berpengaruh tidak signifikan terhadap Harga Saham, Suku Bunga berpengaruh tidak signifikan terhadap Harga Saham dan Nilai Tukar berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham.

English Abstract

The financial report is a medium of communication used by the company. Provision of regular financial reports by publicly traded companies interpreted each publicly traded company that has gained the participation or attempt to maintain stability and increase the stock price that has been sold. The stock price is defined as the market price (market value), that is the price prevailing in the market at a given time. Appraisal (valuation) usually refers to the estimated intrinsic value of a company or its shares. In assessing a stock can be used two methods of analysis, namely technical analysis and fundamental analysis. Besides influenced by fundamental factors which are variable in fundamental analysis, stock prices are also often influenced by the growth of the company. This study took samples from 19 companies in a company incorporated in Manufacture in Indonesian Stock Exchange is publishing the report of the years 2004 to 2008. Moreover also the data obtained from ICMD (Indonesian Capital Market Directory). This research is explanatory researce associative and analytical methods used are multiple regression analysis to explain the influence of independent variables and the dependent variable. Results from this study show simultaneous existence of a significant effect of DER, TATO, and Exchange Rates of Stock Price. Partially, ROI, CR, Inflation, and Interest Rates has a no significant effect on Stock Price.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/332.632 22/MAR/p/041103176
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.6 Investment
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 04 Oct 2011 13:19
Last Modified: 25 Mar 2022 06:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155774
[thumbnail of 041103176.pdf]
Preview
Text
041103176.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item