Peningkatan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Umum melalui Pendekatan Sistem Lunak (Soft System) (Studi pada Perpustakan Umum Kota Kediri)

Purboningsih, Dewi (2014) Peningkatan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Umum melalui Pendekatan Sistem Lunak (Soft System) (Studi pada Perpustakan Umum Kota Kediri). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan kualitas pelayanan perpustakaan umum merupakan suatu kegiatan yang berkelanjutan dilaksanakan untuk mempertahankan kelangsungan hidup organasasi tersebut, sehingga perpustakaan dapat melaksanakan fungsinya, antara lain fungsi pendidikan, fungsi informati, fungsi penelitian, dan fungsi rekreatif. Mengingat, kualitas pelayanan perpustakaan umum di Indonesia masih jauh dari tujuan yang diharapkan. Upaya peningkatan kualitas perpustakaan melalui tahahan proses (input-ouput) dan memperhatikan beberapa unsur pada setiap tahapan, meliputi: unsure unsur sumber daya pengelola, termasuk dalam tahapan input, unsur sistem pelayanan termasuk dalam proses, sedangkan unsur pelanggan termasuk dalam tahapan output. Dalam penelitian ini akan diuraikan tahapan dalam meningkatkan mutu perpustakaan umum agar tujuan-tujuan yang direncanakan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tahapan pertama, menganalisis manajemen pelayanan terhadap organisasi; kedua, melakukan penilaian kualitas dari sudut pandang/ atau persepsi pemustaka. Selanjutnya dilakukan proses penilaian terhadap kualitas pelayanan tersebut dari sudut pandang pengguna maupuan pengelola. Menurut parasuraman ada 5 dimensi untuk menentukan kualitas pelayanan meliputi, tangibles, realiability, responsiveness, assurance dan empathy . Maka, dalam proses peningkatan pelayanan pada organisasi publik dan khususnya perpustakaan umum, diperlukan suatu pengkajian yang mendalam terhadap masalah ( problem ) yang terjadi dalam organisasi tersebut melalui pendekatan sistem lunak. Soft system methodology sebuah pendekatan untuk memecahkan situasi masalah kompleks yang tidak terstruktur berdasarkan analisis holistik dan berpikir sistem. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan dan menganalisis Manajemen pelayanan Perpustakaan Umum Kota Kediri, penilaian pemustaka terhadap kualitas pelayanan Perpustakaan Umum Kota Kediri, proses peningkatan kualitas pelayanan Perpustakaan Umum Kota Kediri melalui pendekatan sistem lunak ( soft system ). Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan metodologi sistem lunak (Soft system methodology). Pertama, pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif. Kedua, pelaksanaan penelitian dengan metodologi sistem lunak ( Soft System Methodolgy ) sebagai tindak lanjut penelitian tahap pertama. Metode penelitian ini dikembangkan dengan tujuan memecahkan masalah yang dihadapi oleh suatu institusi. Analisa penelitian ini dengan menggunakan analisa kualitatif, kemudian dilakukan analisis secara strukturisasi dengan berdasarkan tahapan-tahapan dalam soft system methodology (SSM): mengenali situasi permasalahan; mengungkapkan situasi permasalahan; pembuatan definisi sistem permasalahan; membangun model konseptual dengan situasi permasalahan; perbandingan model yang diinginkan; perubahan model yang diinginkan; tindakan perbaikan. Hasil dari penelitian ini, permasalahan muncul dari manjemen pelayanan perpustakaan umum kota kediri, meliputi: jumlah tenaga atau staf dan pustakwan kurang memadai, terkendala pada anggaran sehingga banyak program pelayanan tidak berjalan, penggunaan sistem manual pada layanan sirkulasi menyebabkan pengelola kesulitan untuk memberikan informasi tentang ketersediaan buku, beberapa fasilitas kurang efekti dan tidak dimanfaatkan oleh pengunjung, dan tidak terpenuhinya kebutuhan pemustaka. Oleh karna itu, penerapan model LSQ merupakan tahapan proses peningkatan kualitas pelayanan perpustakaan umum, yang meliputi 3 (tiga) tahapan antara lain: tahapan pertama disebut input (masukan) yang terdiri dari beberapa unsur atau komponen seperti halnya analisa kebutuhan pemustaka, dukungan struktur, sumber daya manusia dan anggaran. Tahapan kedua, disebut process (proses) merupakan suatu aktivitas atau sistem kegiatan yang dilaksanakan untuk mencapai hasil yang diharapkan. Dalam tahapan proses berdasarkan indikator ‘3 Es` (efficacy, effectiveness, efficiency). Tahapan ketiga, disebut output (keluaran) merupakan hasil yang diharapkan yakni mencapai layanan prima dalam pelayanan perpustakaan umum.

English Abstract

The improvement quality of public library service is a continue program which is done to sustain life of organization so that the library can carry out its function, such as education function, informative function, research function and recreation function. Considering, the quality of public library service in Indonesia is still far from the expected goal. The effort to improve quality of library through the process stage (input-output) and pay attention to some elements in each step, include : resources management elements, including in input step, service system elements includes in process, while consumer elements includes in output process. In this research, will be elaborated into the steps to improve the quality of public library to the planned purposes can be achieved effectively and efficiently. The first step, analyze the service management of organization: second, assessment the quality from the perspective of librarian then do the assessment process to that quality of service from view point of user or manager. According to parasuraman, there are 5 dimensions to determine the quality of service, include tangibles, realiability, responsiveness, assurance and empathy. Therefore, in service improvement process of public organization and in particular, public library, required in-depth research to the problem that occurs in that organization through soft system approach. Soft system methodology, an approach to solve complex problem situation which is not structured based on holistic analysis and system thinking. The purpose of this research are ; to identify, describe and analyze the management of public library service of Kediri, the assessment of librarian to the quality public library of Kediri, process of quality improvement public library of Kediri through soft system approach. Research method uses qualitative approach and soft system methodology. First, the research uses qualitative method. Second, the research uses soft system methodology as a follow-up research in first step. This research method is developed with the purpose in solving problem faced by an institution. The analysis of this research uses qualitative analysis, then conducted in structuring analysis based on steps in soft system methodology (SSM) : recognizing problem situation; reveal problem situation; making definition of system problem; build conceptual model with problem situation; comparison of desired model; changes of desired model; the act of repairing. The result of this research, the problem arise from the management of public library service of Kediri, include : amount of staff and librarian which is inadequate, constrained on budget so that many service programs do not running on, the using of manual system in circulation service causes the difficulty to provide information about the availability of books, some facilities are not effective and not used by visitors, and not fulfilled the necessity of librarian. Therefore, the implementation LSQ model is process step of quality improvement of public library service, including 3 steps, Such as : the first step called input (entries) which consist of some elements or components as analysis of librarian necessity, structure supporting, human resources and budgeting. Second step called process, is an activity or system program which is implemented to achieve expected result. In process step based on indicator ‘3 Es` (efficacy, effectiveness, efficiency). Third step, called output, is expected result to achieve service excellence in the service of the public library.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/027.4/PUR/p/041407758
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 027 General libraries, archives, information centers > 027.4 Public libraries
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 04 Dec 2014 16:40
Last Modified: 04 Dec 2014 16:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155459
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item