Pemberian Harakat Pada Kalimat Bahasa Arab Menggunakan Metode N-Gram Dan C5.0

Hanani, Ajib (2015) Pemberian Harakat Pada Kalimat Bahasa Arab Menggunakan Metode N-Gram Dan C5.0. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan dalam Al-Qur`an, Al-Hadist, Tauhid , Fiqh dan berbagai sumber Agama Islam sehingga menguasai Bahasa Arab menjadi hal yang sangat penting dalam Agama Islam. Selain itu, situs, e-book dan jurnal di media elektronik yang menggunakan Bahasa Arab juga tidak sedikit jumlahnya. Bahasa Arab umumnya dipelajari dan digunakan oleh santri di pondok pesantren untuk membaca kitab kuning / kitab gundul (tanpa harakat). Selain itu, Bahasa Arab juga dipelajari oleh mahasiswa di perguruan tinggi. Di Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang terdapat matakuliah Praktikum Qira`atul Kutub yang merupakan program bimbingan membaca kitab. Matakuliah tersebut menjadi salah satu prasyarat ujian komprehensif dan pada penerapannya, banyak mahasiswa yang kesulitan memberi harakat dalam membaca kitab kuning. Oleh karena itu perlu adanya solusi untuk memudahkan dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan membangun aplikasi pemberian harakat pada kalimat Bahasa Arab yang sesuai dengan kaidah nahwu (gramatika Bahasa Arab) dan kaidah shorof (perubahan bentuk kata Bahasa Arab) menggunakan sejumlah metode. Berdasarkan literatur, metode yang dapat digunakan adalah N-Gram dan C5.0 N-Gram adalah potongan sejumlah n karakter dari sebuah string . Sedangkan C5.0 adalah salah satu algoritma klasifikasi data mining yang khususnya diterapkan pada teknik decision tree dan dapat digunakan untuk menyederhanakan aturan. Penelitian ini difokuskan untuk membangun dan menganalisis aplikasi pemberian harakat pada kalimat Bahasa Arab. Masukan data dari pengguna berupa kalimat Bahasa Arab tanpa harakat yang dikoreksi penulisan katanya. Selanjutnya dilakukan proses pemberian harakat menggunakan N-Gram dan untuk meningkatkan akurasinya, tiap kata dicocokkan dengan bentuk katanya agar sesuai dengan kaidah shorof . Kemudian, tiap kata pada kalimat tersebut diklasifikasikan berdasarkan jenis kata dan diproses menggunakan C5.0 untuk menyederhanakan aturan dalam menentukan harakat akhir kata agar sesuai dengan kaidah nahwu . Keluaran dari sistem ini adalah kalimat Bahasa Arab berharakat yang sudah sesuai dengan kaidah nahwu dan shorof serta klasifikasi jenis kata. Kalimat tersebut dijadikan suara audio menggunakan Google text to speech API dan suara audio yang diucapkan oleh animasi talking avatar menggunakan Oddcast text to speech API . Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa metode N-Gram (Quad Gram) yang dilanjutkan dengan pengecekan bentuk kata mampu memberi harakat pada kalimat Bahasa Arab dengan tingkat akurasi 96% untuk kaidah shorof . Metode C5.0 mampu menyederhanakan aturan berdasarkan data latih dan dapat memberi harakat akhir kata pada kalimat Bahasa Arab dengan tingkat akurasi 94% untuk kaidah nahwu. Integrasi N-Gram (Quad Gram) dan C5.0 mampu memberi harakat pada kalimat Bahasa Arab dengan tingkat akurasi 90% untuk kaidah nahwu dan shorof .

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/006.35/HAN/p/2015/041505099
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.3 Artificial intelligence
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 03 Sep 2015 10:05
Last Modified: 03 Sep 2015 10:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155446
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item