MODEL BAYESIAN VECTOR AUTOREGRESSIVE (BVAR) (Studi Kasus Analisis Hubungan Antara Pertumbuhan Ekonomi dan Ekspor Indonesia)

Sumara, Rauzan (2017) MODEL BAYESIAN VECTOR AUTOREGRESSIVE (BVAR) (Studi Kasus Analisis Hubungan Antara Pertumbuhan Ekonomi dan Ekspor Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Model Vector Autoregressive (VAR) adalah salah satu model multivariat time series yang dapat menangkap hubungan dinamis antar peubah. Pada banyak kajian makroekonomi menggunakan model VAR, sering terjadi masalah yaitu terlalu banyak parameter yang harus diduga (over-parameterization) sehingga banyak derajat bebas yang hilang. Selain itu model VAR yang kompleks sering timbul masalah kolinieritas, sehingga digunakan model Bayesian Vector Autoregressive (BVAR) untuk menghindari masalah tersebut. Penelitian ini mencoba menganalisis hubungan antara pertumbuhan ekonomi yang diproksikan oleh Produk Domestik Bruto (PDB) dan ekspor Indonesia menggunakan model BVAR. Selain itu akan dilihat juga efek terjadinya guncangan (shock) pada peubah PDB dan ekspor melalui analisis Impulse Response Function (IRF). Berdasarkan hasil analisis diperoleh model BVAR(4) dengan kesimpulan bahwa adanya hubungan dua arah antara kedua peubah yaitu ekspor merupakan salah satu penggerak PDB (export promotion) dan PDB sebagai penggerak ekspor (internally generated exports). Analisis IRF memperlihatkan respon perubahan ekspor terhadap shock perubahan PDB mengalami penurunan hingga mencapai titik terendah pada kuartal kedua dan kuartal ketiga. Respon perubahan ekspor terhadap shock perubahan PDB terus bergerak mendekati garis keseimbangan dan mencapai titik keseimbangan sekitar 13 tahun. Sedangkan respon perubahan PDB terhadap shock perubahan ekspor memperlihatkan peningkatan pada kuartal pertama sampai kuartal kelima. Kemudian mengalami punurunan dan peningkatan secara bergantian pada periode selanjutnya hingga mencapai titik keseimbangan sekitar 6 tahun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2017/69/051700914
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Feb 2017 15:23
Last Modified: 06 Feb 2017 15:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155324
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item