Rancang Bangun Sistem Pengukuran Sudut Kontak Dan Modifikasi Hidrofobisitas Permukaan Polistiren Pada Quartz Crystal Microbalance

Amaliya, Layli (2015) Rancang Bangun Sistem Pengukuran Sudut Kontak Dan Modifikasi Hidrofobisitas Permukaan Polistiren Pada Quartz Crystal Microbalance. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk meningkatkan performa Quartz Crystal Microbalance (QCM) sebagai biosensor, modifikasi permukaan polistiren di atas permukaan QCM perlu dilakukan. Hidrofobisitas merupakan salah satu sifat zat padat yang dapat menjelaskan properti permukaan zat padat. Hidrofobisitas dapat diukur melalui sudut kontak air pada permukaan zat padat. Sudut kontak yang kecil menandakan bahwa permukaan zat padat bersifat hidrofilik. Dalam penelitian ini, hidrofobisitas permukaan polistiren dimodifikasi dengan mem-variasikan konsentrasi larutan polistiren (3%, 5% dan 7%) dan berat molekul polistiren (280.000 g/mol dan 35.000 g/mol), serta meradiasinya dengan ultraviolet selama 1 jam dan 2 jam. Hasil dari penelitian ini adalah berat molekul polistiren berpengaruh pada hidro-fobistitasnya, namun tidak dengan konsentrasi larutan polistiren. Semakin besar berat molekul polistiren, permukaan polistiren semakin hidrofobik. Radiasi ultraviolet juga berpengaruh pada hidrofobisitas permukaan polistiren dengan membuat permukaannya semakin hidrofilik. Hal ini dikarenakan ultraviolet mendegradasi polistiren dan menghasilkan gugus-gugus hidrofilik yang mudah berikatan dengan air. Sehingga, air menyebar pada permukaan polistiren yang diradiasi UV. Untuk mengamati perubahan sudut kontak, rancang bangun sistem pengukuran sudut kontak yang dapat mengukur sudut kontak tetesan air yang besar telah dilakukan dalam penelitian ini. Instrumen ini memiliki dua metode pengukuran yaitu metode circle fit dan metode polynomial fit. Dari pengukuran sudut kontak kalibrasi, diperoleh hasil bahwa metode circle fit lebih efektif dan lebih akurat dalam mengukur sudut kontak daripada metode polynomial fit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/228/051505473
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Aug 2015 09:24
Last Modified: 20 Aug 2015 09:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154260
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item