Perhitungan dosis efektif pada diagnosis Computed Tomography Scanning (CTScan) kepala dengan pemindai modulasi arus General Electric (GE) Hispeed DX/I

LiskaUlvaAgustyan (2011) Perhitungan dosis efektif pada diagnosis Computed Tomography Scanning (CTScan) kepala dengan pemindai modulasi arus General Electric (GE) Hispeed DX/I. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sinar-x merupakan gelombang elektromagnetik yang mempunyai frekuensi 1016-1020 Hz dan panjang gelombang 10-9-10-6 cm. Salah satu penerapan sinar-x dalam bidang radiologi adalah pada mesin CT-scan yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit tanpa melukai pasien, sehingga CT-scan banyak dimanfaatkan dan menjadi pilihan alternatif yang tepat bagi masyarakat. Tetapi penggunaan sinar-x yang berlebihan akan mengakibatkan efek yang fatal. Dengan mengetahui besar dosis sinar-x yang diterima, maka dampak radiasi dapat diminimalisir. Penelitian ini menggunakan mesin CT-scan General electric (GE) di RS Syaiful Anwar (RSSA) Malang pada pasien diagnosis bagian kepala. Perhitungan dosis efektif dilakukan dengan menggunakan software ImPACT CT Patient Dosimetry yang direkomendasikan oleh ICRP 103. Hasil perhitungan dosis efektif masing-masing pasien akan langsung ditampilkan pada software dengan memasukkan parameter yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh gender terhadap dosis efektif. Pada laki-laki dosis efektif yang diterima sebesar 1,32 mSv dan perempuan sebesar 1,20 mSv, hal ini dikarenakan besarnya atenuasi bagian kepala pada laki-laki lebih besar dibandingkan perempuan. Besar kecilnya dosis efektif bergantung pada besar parameter tegangan (kV), kuat arus (mAs) yang digunakan dan Dose Length Product (DLP). Tegangan yang digunakan sama yaitu 120 kV, sedangkan kuat arus (mA) yang berbeda sesuai ukuran kepala dan Dose Length Product (DLP) menunjukkan dosis radiasi pada panjang paparan yang di scan, dimana besarnya DLP dipengaruhi adanya dimensi kepala setiap pasien. DLP yang bervariasi inilah yang mempengaruhi besarnya dosis efektif yang diterima pasien berbeda-beda. Sehingga pada usia (18tahun- 85 tahun) tidak mempengaruhi dosis efektif yang diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2011/104/051101764
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2011 10:36
Last Modified: 22 Oct 2021 07:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152557
[thumbnail of 051101764.pdf]
Preview
Text
051101764.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item