Aplikasi Analisis Faktor dengan Jaringan Saraf Tiruan sebagai Metode Pendugaan Loading Factor : studi kasus di Koperasi Wanita Serba Usaha Setia Budi Wanita Malang

Zulaichah (2008) Aplikasi Analisis Faktor dengan Jaringan Saraf Tiruan sebagai Metode Pendugaan Loading Factor : studi kasus di Koperasi Wanita Serba Usaha Setia Budi Wanita Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kondisi mayoritas koperasi di Kota Malang cukup buruk. Banyak koperasi yang memiliki sedikit anggota dengan loyalitas yang rendah. Hal ini berbeda dengan Koperasi Wanita Serba Usaha Setia Budi Wanita Malang (koperasi SBW) yang berhasil menjalankan usaha dan didukung oleh anggota dengan loyalitas tinggi. Penelitian ini menggali faktor-faktor yang menjadi pertimbangan anggota untuk bergabung dengan koperasi SBW. Data penelitian diperoleh dari hasil survai mengenai alasan anggota bergabung dengan koperasi SBW. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Analisis Faktor dengan Jaringan Saraf Tiruan (JST). JST akan digunakan dalam pendugaan loading factor pada analisis faktor. Pendugaan loading factor dengan JST menggunakan arsitektur single layer feed forward network , fungsi aktifasi linear dan metode pelatihan delta rule . JST menghasilkan nilai loading factor terbaik dengan 3 faktor bersama dan nilai fungsi energi (E) sebesar 1.93. Penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang menjadi pertimbangan anggota untuk bergabung di Koperasi SBW antara lain keuntungan non materiil yang diterima anggota, sistem keanggotaan koperasi dan keuntungan finansial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2008/284/050803692
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2009 09:13
Last Modified: 22 Oct 2021 05:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151947
[thumbnail of 050803692.pdf]
Preview
Text
050803692.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item