Translator dari huruf Latin ke aksara Jawa berbasis aturan penulisan aksara Jawa

Purwadinata, Much Fenandi (2007) Translator dari huruf Latin ke aksara Jawa berbasis aturan penulisan aksara Jawa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebudayaan kita semakin hari semakin merosot karena pengaruh budaya-budaya asing yang selalu masuk ke sendi-sendi kehidupan kita. Tidak asing lagi kalau generasi muda kita sudah enggan mempelajari kebudayaan yang merupakan karya nenek moyang kita sendiri dari pada karya-karya yang berasal dari kebudayaan luar. Salah satu contoh yaitu telah banyak generasi muda kita yang telah melupakan aksara Jawa, padahal itu merupakan karya luar biasa dari nenek moyang kita. Sedikit sekali orang yang peduli dengan hasil karya yang satu ini. Panduan praktis mengenai aksara Jawa sangat diperlukan pada saat sekarang karena pembelajaran aksara Jawa semakin banyak dilakukan oleh bangsa luar. Pembelajaran aksara Jawa juga diperlukan untuk melesatarikan warisan nenek moyang kita yang telah hilang dari generasi muda akibat masuknya budaya dari luar. Oleh karena itu, perlu dibuat suatu perangkat lunak penterjemah antara aksara Latin dan aksara Jawa. Penterjemah ini dibuat berdasarkan algoritma pengenalan aksara Jawa berbasis aturan penulisan aksara Jawa, dimana semua aturan penterjemahan dari huruf latin ke huruf aksara Jawa berdasarkan aturan baku yang telah ditetapkan. Hasil yang didapatkan dari pengujian translator dari huruf Latin ke aksara Jawa menggunakan algoritma penulisan aksara Jawa yaitu untuk kasus kata-kata yang mengandung huruf asing dan untuk huruf bertingkat tidak dapat diterjemahkan dengan sempurna.

English Abstract

Our culture descends dramatically because it remains under influence of incoming foreign culture into our life principles. Unsurprisingly, our youth generation seems unwilling to learn the culture representing our ancestor masterpiece rather than abroad cultural based works. One example relates to growing number of youth generation forgetting Java Script, whereas this script refers to extraordinary work of the ancestor . Very few people concern with this ancient work. Practical guide for Java script appears demanded nowadays because foreign nations eager to learn Java script. Java script learning remains important to conserve our ancestor heritage had been lost in youth generation affected by abroad culture. Therefore, translator software comes to consideration between Latin and Java script. This translator emphasizes algorithm of Java script writing where translation order of Latin to Java script considers fundamentally determined arrangement. Result from translator test from Latin to Java script using Java script writing algorithm indicate that foreign character and staggered character contained words have not been translated in perfect.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2007/050702925
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2007 00:00
Last Modified: 07 Mar 2022 01:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151695
[thumbnail of 050702925.pdf]
Preview
Text
050702925.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item