Perumusan Strategi Kemitraan Koperasi Dengan Distributor Pada Rantai Pasok Beras Organik Menggunakan Analisis SWOT Dan QSPM (Studi Kasus Di Muthos, Mojokerto)

Chulsum, Ummy (2016) Perumusan Strategi Kemitraan Koperasi Dengan Distributor Pada Rantai Pasok Beras Organik Menggunakan Analisis SWOT Dan QSPM (Studi Kasus Di Muthos, Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu organisasi yang merupakan bagian dari rantai pasok beras organik adalah MUTHOS. Untuk menyalurkan beras organik MUTHOS melakukan kerjasama kemitraan dengan beberapa distributor yaitu 1 di Surabaya dan 2 di Mojokerto. Berdasarkan penelitian sebelumnya mengenai identifikasi risiko rantai pasok di MUTHOS, risiko terbanyak terletak pada MUTHOS (16 risiko) dan distributor (12 risiko). Tujuan penelitian yaitu menentukan alternatif strategi mekanisme kemitraan rantai pasok beras organik antara MUTHOS dan distributor yang mungkin dapat dilakukan serta menentukan strategi mekanisme kemitraan yang paling efektif untuk menangani risiko rantai pasok beras organik antara MUTHOS dan distributor. Dalam penentuan strategi kemitraan dapat dilakukan dengan analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan QSPM (Quantitative Structural Planning Matrix). Analisis SWOT merupakan suatu kerangka analisis yang terintegrasi antara internal perusahaan dan lingkungan eksternal dengan membangun pendekatan SWOT. Matrik QSPM digunakan untuk mengevaluasi strategi terbaik berdasar lingkungan internal dan eksternal, yaitu alternatif strategi dengan nilai total TAS (Total Attractive Score) terbesar pada matriks QSPM. Secara umum, penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pemasukan, pencocokan, dan keputusan. Data penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 5 responden pakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pembobotan matriks IFE (Internal factor Evaluation) sebesar 2,432 dan pada matriks EFE (External Factor Evaluation) sebesar 2,943. Berdasarkan skor tersebut didapatkan matriks IE (Internal viii External) terletak pada sel V, yang berarti kemitraan dapat terus dipertahankan dengan memperhatikan faktor utama (baik internal maupun eksternal) yang mempengaruhi kinerja kemitraan yang dibangun sehingga dapat berkelanjutan. Matriks SWOT menggabungkan antara faktor internal dengan faktor eksternal yang telah diidentifikasi sehingga diperoleh delapan alternatif strategi kemitraan. Hasil dari matriks QSPM menunjukkan strategi yang paling efektif dan memiliki prioritas utama untuk dilakukan adalah mengadakan pertemuan rutin antara pihak MUTHOS dengan distributor terkait trend pasar dan feed back dari masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/55/051602936
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 15 Apr 2016 09:04
Last Modified: 16 Nov 2021 02:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151128
[thumbnail of BAB_V_A5.pdf]
Preview
Text
BAB_V_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_A5.pdf]
Preview
Text
COVER_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_A5.pdf]
Preview
Text
BAB_I_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI_A5.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_A5.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN_A5.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_A5.pdf]
Preview
Text
BAB_II_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_A5.pdf]
Preview
Text
BAB_III_A5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_A5.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_A5.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item