Analisis Positioning Produk Yoghurt dan Implikasi Terhadap Bauran Pemasaran Menggunakan Analisis Fishbein dan Biplot (Studi Kasus di PT Kusumasatria Agrobio Taniperkasa Batu).

Maulana, Erwin (2015) Analisis Positioning Produk Yoghurt dan Implikasi Terhadap Bauran Pemasaran Menggunakan Analisis Fishbein dan Biplot (Studi Kasus di PT Kusumasatria Agrobio Taniperkasa Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Kusumasatria Agrobio Taniperkasa merupakan salah satu lembaga dari Kusuma Agrowisata dengan produk unggulan yang dimiliki adalah yoghurt. Penurunan penjualan yang disebabkan dengan adanya perubahan selera konsumen terhadap yoghurt, sehingga diperlukan analisis yang dapat mengetahui posisi suatu produk atau biasanya disebut analisis positioning. Tujuan penelitian ini adalah menentukan tingkat kepentingan konsumen terhadap produk yoghurt PT Kusumasatria Agrobio Taniperkasa. Menentukan positioning persaingan yang terbentuk antara yoghurt dipasaran dengan yoghurt pada PT Kusumasatria Agrobio Taniperkasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan analisis fishbein dapat diketahui bahwa atribut sangat penting adalah rasa, harga produk, harga jual, kandungan gizi, varian rasa, kemudahan memperoleh produk. Atribut berikutnya yang penting adalah tekstur, kepraktisan, kemasan, keterkenalan merek. Berdasarkan analisis biplot posisi YOGUKU, CIMORI, dan Heavenly Blush berada dalam kuadran yang berbeda. Berdasarkan Analisis Biplot posisi yoghurt YOGUKU cukup berjauhan dengan yoghurt CIMORI dan Heavenly Blush, hal ini menunjukkan bahwa mereka bukanlah pesaing terdekat yoghurt YOGUKU. Produk YOGUKU diposisikan konsumen sebagai minuman dengan rasa yang ditawarkan sesuai selera konsumen diimbangi dengan harga jual yang terjangkau

English Abstract

PT Kusumasatria Agrobio Taniperkasa is one of the institutions of Kusuma Agro with a superior product that is owned yogurt. The decline in sales caused by a change in consumer appetite for yogurt, so that the necessary analysis that can determine the position of a product or usually called positioning analysis. Purpose of this study was to determine the level of consumer interest towards the product yogurt PT Kusumasatria Agrobio Taniperkasa. Determine positioning rivalry formed between yogurt market with yoghurt on PT Kusumasatria Agrobio Taniperkasa. The results showed that by Fishbein analysis can be seen that a very important attributes are the taste, the price of the product, the price, the nutrients, flavors, ease of obtaining the product. The next important attributes are the texture, practicality, packaging, brand fame. Based on the analysis biplot YOGUKU position, CIMORI, and Heavenly Blush are in different quadrants. Based on analysis of the position of yogurt YOGUKU Biplot quite far apart with yogurt CIMORI and Heavenly Blush, this shows that they are not the closest competitors YOGUKU yoghurt. YOGUKU consumer product positioned as a beverage with a flavor that is offered to suit consumer taste balanced with affordable price

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/334/051508623
Uncontrolled Keywords: Biplot, Fishbein, Positioning, PT Kusumasatria,-Biplot, Fishbein, Positioning, PT Kusumasatria
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 31 Dec 2015 09:53
Last Modified: 24 Nov 2021 05:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150240
[thumbnail of Skripsi_-_115100301111050_Erwin_Maulana.pdf]
Preview
Text
Skripsi_-_115100301111050_Erwin_Maulana.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item