Analisis Pengaruh Inovasi Produk dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Metode Structural Equation Modeling (Studi Kasus pada Sentra Keripik Tempe Sanan, Malang)

Effendi, OfiqTama (2012) Analisis Pengaruh Inovasi Produk dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Metode Structural Equation Modeling (Studi Kasus pada Sentra Keripik Tempe Sanan, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tempe merupakan produk andalan Kampung Sanan. Sentra keripik tempe Sanan, Malang, dalam beberapa tahun telah berkembang dengan pesat. Perkembangan keripik tempe ini membuat semakin banyak UKM yang memproduksi keripik tempe selain di Sentra Keripik Tempe Sanan. Semakin banyaknya UKM di luar Sentra Keripik Tempe Sanan, harus membuat para produsen di sanan mampu bersaing untuk mendapatkan konsumen dan mempertahankan pelanggan yang ada. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh inovasi produk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di Sentra Keripik Tempe Sanan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling. Penelitian dengan menggunakan 115 responden ini menghasilkan bahwa menghasilkan bahwa inovasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap terbentuknya loyalitas pelanggan, namun inovasi produk memiliki pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan yaitu dengan menggunakan kepuasan pelanggan sebagai variabel perantara. Inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan kepuasan pelanggan sendiri berpengaruh signifikan terhadap terbentuknya loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/68/051201101
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Sep 2012 14:22
Last Modified: 21 Oct 2021 07:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149175
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item