Modifikasi Tempat Hasil Produk Mesin Pengering Semprot (Spray Dryer) Menggunakan Silica Gel Untuk Mengurangi Kadar Air (H2o) Pada Produk Kopi Instant

Aditia, KarfinDayu (2012) Modifikasi Tempat Hasil Produk Mesin Pengering Semprot (Spray Dryer) Menggunakan Silica Gel Untuk Mengurangi Kadar Air (H2o) Pada Produk Kopi Instant. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu mesin pengolahan hasil pertanian yang popular di dunia adalah mesin pengering semprot (spray dryer). Mesin pengering semprot (spray dryer) sangat popular dan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan pengolahan pangan. Mesin ini digunakan untuk mengolah suatu bahan menjadi bubuk atau serbuk yang hasilnya akan berbeda dari bentuk sebelumnya. Konstruksi dan rancangan mesin ini dirancang sedemikian rupa untuk mengubah bahan yang berbentuk cair menjadi sebuah serbuk, sehingga hasil yang diperoleh akan lebih awet dan tahan lama pada waktu disimpan. Mesin spray dryer yang ada masih memiliki beberapa kekurangan yang perlu untuk dilakukan modifikasi. Salah satu kekurangannya yaitu tidak stabilnya proses penyemprotan pada nozel yang menyebabkan kadar air pada produk yang dihasilkan tidak merata. Tingginya kadar air pada produk yang dihasilkan ini akan menyebabkan produk cepat rusak pada saat disimpan. Pada penelitian ini digunakan alternatif cara lain untuk mengurangi kadar air pada produk hasil spray dryer. Cara mengurangi kadar air tersebut adalah memodifikasi tempat hasil bahan/produk (output) dengan memanfaatkan pemasangan silica gel pada tempat hasil bahan/produk (produk) pada alat pengering semprot ini. Dari modifikasi ini diharapkan semua bahan pangan yang akan diolah bisa lebih terkurangi kadar airnya. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pada suhu 105°C diperoleh perhitungan kadar air pada penggunaan tempat hasil bersilica gel sebesar 4.68% dan penggunaan tempat hasil tanpa silica gel sebesar 6.95%, sedangkan pada suhu 110°C diperoleh kadar air penggunaan tempat hasil bersilica sebesar 4.21% dan penggunaan tempat hasil tanpa silica gel sebesar 6.5%, kemudian pada suhu 115°C diperoleh kadar air penggunaan tempat hasil bersilica gel sebesar 3.54% dan penggunaan tempat hasil tanpa silica gel sebesar 5.2%. Dari data tersebut dapat diperoleh bahwa penggunaan silica gel sangat berpengaruh pada kandungan kadar air yang ada pada produk yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/198/051203748
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Oct 2012 11:23
Last Modified: 21 Oct 2021 03:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148951
[thumbnail of laporan_lengkap_karfin.pdf]
Preview
Text
laporan_lengkap_karfin.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item