Studi Keamanan Pangan pada Produk Pangan Olahan Melalui Analisa Mikrobiologi di PT Aerofood Catering Service (ACS)- Surabaya

Ningsih, NofitaYulia (2012) Studi Keamanan Pangan pada Produk Pangan Olahan Melalui Analisa Mikrobiologi di PT Aerofood Catering Service (ACS)- Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri yang bergerak dalam penyediaan makanan siap konsumsi yang sering disebut dengan industri jasa boga telah berkembang pesat pada saat ini. Makanan siap konsumsi yang disediakan industri jasa boga sebenarnya bukan merupakan yang benar- benar steril. Namun, selama jumlah mikroorganisme tidak melampaui standar dan tidak berkembang biak selama penyimpanan sehingga tidak menyebabkan basi atau busuk, maka makanan tersebut masih dapat diterima. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keamanan bahan pangan olahan yang diproduksi PT Aerofood meliputi uji total mikroba, koliform, Escherichia coli, Staphylococcus aureus, dan Bacillus cereus. Sampel makanan olahan diambil dari lima maskapai penerbangan yang ada di PT Aerofood- Surabaya yang masing- masing maskapai penerbangan terdiri dari menu hidangan dingin (1 sampel), makanan penutup (2 sampel) dan menu utama (1 sampel). Kedua puluh sampel tersebut diambil dengan menggunakan Teknik Random Sampling dengan 2 kali ulangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sampel makanan olahan terdeteksi mengandung mikroorganisme indikator yang meliputi total mikroba, koliform, Escherichia coli, Staphylococcus aureus dan Bacillus cereus. Sebagian besar makanan hasil olahan mengandung mikroba tetapi tidak melebihi standar yang ditentukan. Adanya indikasi parameter yang kurang aman pada makanan olahan, sehingga perlu dilakukan pengawasan terhadap proses pengolahan dan penyimpanan yang tepat serta sanitasi pekerja dan alat produksi. Selain itu perlu adanya pemantauan terhadap sanitasi untuk meningkatkan keamanan produk makanan olahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2012/111/051201471
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Oct 2012 09:16
Last Modified: 21 Oct 2021 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148867
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Ringkasan.pdf]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item