Pengaruh Jenis dan Konsentrasi adsorben pada Proses Pemucatan terhadap Sifat Fisik dan Kimia Minyak Bekatul Padi (Oryza sativa)

Indahini, Dianti (2011) Pengaruh Jenis dan Konsentrasi adsorben pada Proses Pemucatan terhadap Sifat Fisik dan Kimia Minyak Bekatul Padi (Oryza sativa). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bekatul memiliki kandungan minyak yang tinggi yaitu sekitar 12-13% sehingga masih bisa dimanfaatkan sebagai produk pangan, salah satunya adalah dengan mengekstraknya menjadi minyak bekatul. Minyak bekatul mengandung beberapa jenis lemak (lemak tidak jenuh 1 ikatan rangkap, lemak tidak jenuh banyak ikatan rangkap, dan lemak jenuh) serta asam lemak oleat, linoleat, linolenat, palmitat, an stearat). Minyak ini juga mengandung antioksidan alami tokoferol, tokotrienol, dan orizanol yang bermanfaat melawan radikal bebas dalam tubuh terutama sel kanker, serta membantu menurunkan kolesterol dalam darah, kolesterol liver, serta menghambat menopause sehingga dapat dimanfaatkan sebagai suplemen pangan yang berkualitas. Namun, minyak bekatul sulit dimurnikan karena tingginya kandungan asam lemak bebas dan senyawa tak tersabunkan yang membuat sifak fisik dan kimia minyak bekatul buruk sehingga perlu dilakukan metode pemurnian yang dapat memperbaiki sifat fisik dan kimia minyak bekatul, salah satunya adalah dengan pemucatan menggunakan berbagai jenis dan konsentrasi adsorben. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan konsentrasi adsorben terbaik yang dapat digunakan untuk memperbaiki sifat fisik dan kimia minyak bekatul. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor, faktor pertama adalah jenis adsorben yang terdiri dari 3 level (bentonit, zeolit, arang aktif) dan faktor kedua adalah konsentrasi adsorben yang terdiri dari 3 level (2,5%, 5%, 7,5% b/v) sehingga didapatkan 9 kombinasi perlakuan. Setiap perlakuan diulang sebanyak tiga kali ulangan. Data hasil pengamatan dianalisa dengan ANOVA (Analysis of Variance) dengan selang kepercayaan 5% dan dilanjutkan dengan uji BNT dan jika ada interaksi antara kedua faktor maka dilanjutkan dengan uji lanjut DMRT. Pengamatan perlakuan terbaik menggunakan metode Multiple atribute. Berdasarkan hasil penelitian, perlakuan zeolit dengan konsentrasi penambahan 7,5% didapat sebagai perlakuan terbaik dengan berat jenis sebesar 0,84 g/ml, viskositas 0,00136 Poiseuille, tingkat kejernihan 71,61 %T, dan rendemen sebesar 74,77%. Sedangkan untuk warna dibagi menjadi tiga yaitu tingkat kecerahan (L*) sebesar 68,33, tingkat kemerahan (a*) -3,33, dan tingkat kekuningan (b*) 71. Hasil analisa kimia menunjukkan kadar asam lemak bebas pada perlakuan zeolit 7,5% (b/v) sebesar 19,86%, bilangan peroksida 0,92 mek/kg, dan bilangan TBA 0,09 mg malonaldehid/kg.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2011/189/051103228
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2011 10:14
Last Modified: 21 Oct 2021 08:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148641
[thumbnail of 051103228.pdf]
Preview
Text
051103228.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item