Analisis Kualitas Layanan Website E-Commerce Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0

AyuWidyastuti, Dyah (2016) Analisis Kualitas Layanan Website E-Commerce Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menjamurnya ritel online di dunia menjadi bukti kini konsumen terbiasa menggunakan internet dalam kegiatan sehari-hari, dimana salah satu kegiatannya adalah perdagangan via online (e-commerce). Seiring dengan meningkatnya perkembangan e-commerce di Indonesia, maka jumlah pengaduan yang masuk ke Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI, 2015) mengalami peningkatan. Jika pada tahun 2014 aduan tentang belanja online tidak masuk dalam 10 besar, maka tahun 2015 belanja online menduduki peringkat ke-4 kasus yang paling banyak diadukan yaitu 77 kasus. Penelitian ini menggunakan metode webqual 4.0 untuk mengukur kualitas layanan website e-commerce, dengan menggunakan 22 pertanyaan yang berbentuk kuesioner. Tahap-tahap Proses analisis sama seperti (Barnes & Vidgen, 2002). Penelitian ini menganalisis perbedaan dari website e-commerce: Bukalapak.com, Tokopedia.com dan Lazada.co.id dengan 347 responden. Analisis dilakukan dengan cara analisis secara demografi dan analisis keseluruhan. Hasil analisis keseluruhan menunjukkan website Bukalapak.com dianggap sebagai website yang paling baik di semua kategori . Berdasarkan penilaian responden, nilai WQI kategori Usability (0.70), Information Quality (0.70) dan Service Interaction Quality (0.65). Hal ini menunjukkan bahwa website bukalapak.com adalah website yang paling baik menurut responden karena yang mendekati 1. Sedangkan berdasarkan perdemografi bukalapak.com juga merupakan website yang paling baik kualitas layanannya. Untuk kategori yang paling penting menurut responden, Usability merupakan pertanyaan yang paling penting untuk digunakan.

English Abstract

The proliferation of online retail in the world becoming an evidence that consumers are accustomed to using the Internet in their daily activities, where one of the activities is trading via online (e-commerce). Along with the increasing development of e-commerce in Indonesia, the number of complaints coming into the Indonesian Consumers Foundation (YLKI, 2015) have increased. If in 2014, the complaints about online shopping was not in the top 10, then in 2015 online shopping was ranked the fourth most complained cases that was 77 cases. This study uses WebQual 4.0 to measure the quality of e-commerce website service, using 22 questions in the form of a questionnaire. The stages of the analysis process is the same as Barnes & Vidgen (2002). This study analyzes the differences of e-commerce website: Bukalapak.com, Tokopedia.com, and Lazada.co.id with 347 respondents. The analysis was done by analysis of demographic and overall analysis. The results of the overall analysis showed Bukalapak.com website is considered as the best website in each category. Based on that survey, the value of WQI categories Usability (0.70), Information Quality (0.70) and Service Interaction Quality (0.65). This indicates that the bukalapak.com website is the best website according to respondents because of the approaching 1. According to each demography, bukalapak.com also a website that has the best service quality. For category that most important according to respondents, Usability is the most important question to be used.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/560/051610843
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 11 Nov 2016 15:55
Last Modified: 21 Oct 2021 17:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147135
[thumbnail of SKRIPSI_dyah_ayu.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_dyah_ayu.pdf

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of jurnal_dyah_ayu_fix.pdf]
Preview
Text
jurnal_dyah_ayu_fix.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item