Pengembangan Aplikasi Penyusunan Ransum untuk Sapi Potong (SunRan) Berbasis Web dengan Metode Penyusunan Ransum Pearson Square dan Implementasi YII Framework

Hermawan, AndrianRiza (2016) Pengembangan Aplikasi Penyusunan Ransum untuk Sapi Potong (SunRan) Berbasis Web dengan Metode Penyusunan Ransum Pearson Square dan Implementasi YII Framework. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ransum merupakan jumlah pakan yang diberikan pada ternak dalam 24 jam. Ransum yang ideal tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian, namun bisa juga untuk meningkatkan jumah pertambahan berat badan sapi potong dalam sehari. Permasalahan yang muncul mengenai ransum yang ideal adalah penyusunannya yang tidak mudah jika dilakukan secara manual. Permasalahan tersebut menyebabkan penulis membuat aplikasi penyusun ransum ideal. Aplikasi yang dibuat ini menggunakan metode Pearson Square selama proses penyusunan ransum ideal. Pembuatan aplikasi penyusun ransum ini bertujuan agar tersusunnya ransum yang memenuhi kebutuhan nutrisi harian sapi potong yang sesuai dengan fisiologis hewan ternak. Aplikasi penyusun ransum ini merupakan aplikasi berbasis web yang dibangun menggunakan framework Yii di aplikasi pengembangan Netbeans IDE 8.0.2. Pengujian aplikasi penyusun ransum ideal ini dilakukan tiga kali, yaitu pengujian validasi umum, validasi implementasi Pearson Square, dan kompabilitas web browser. Hasil pengujian validasi umum menunjukkan bahwa fungsi-fungsi yang ada di dalam aplikasi penyusun ransum telah berjalan dengan baik dan benar. Hasil pengujian validasi implementasi Pearson Square menunjukkan bahwa 2 dari 5 kasus uji memiliki nutrisi hasil penyusunan ransum oleh aplikasi SunRan dan oleh Microsoft Excel bernilai sama pada tingkat ketelitian 10-2 (dalam satuan yang sama) dan juga menunjukkan persentase kesalahan yang kecil pada tingkat ketelitian 10-7. Pengujian kompabilitas web browser menghasilkan kesimpulan bahwa aplikasi penyusun ransum ini menampilkan seluruh antarmuka dengan baik dan benar pada web browser Chrome, Firefox, dan Opera.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/51/051601369
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Feb 2016 10:18
Last Modified: 21 Oct 2021 17:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147080
[thumbnail of Skripsi_final_Andrian_Riza_Hermawan_105060800111028.pdf]
Preview
Text
Skripsi_final_Andrian_Riza_Hermawan_105060800111028.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item