Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Barang Online Menggunakan Metode Web Scrapping dan Fuzzy-Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus: E-Commerce Indonesia)

Saputra, Boni (2016) Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Barang Online Menggunakan Metode Web Scrapping dan Fuzzy-Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus: E-Commerce Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Electronic Commerce (E-commerce) adalah media yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli online, E-commerce mengalami pertumbuhaan yang sangat pesat pada satu dekade terakhir, ditunjukkan dengan maraknya iklan E-commerce yang tayang di televisi, tingginya traffic kunjungan situs-situs E-commerce, dan tingginya jumlah instalasi aplikasi E-commerce di perangkat bergerak. Seiring dengan laju pertumbuhan E-commerce yang begitu pesat di dunia maupun di Indonesia, memungkinkan terjadinya tindak kejahatan, seperti penipuan dan pemalsuan barang yang akan diperjualbelikan. Untuk mengatasi tindak kejahatan E-commerce, dibutuhkan sistem yang mampu me-rekomendasikan barang terbaik pada setiap E-commerce, sistem yang dibangun sebagai solusi untuk meminimalisir tindak kejahatan E-commerce adalah sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Barang Online Menggunakan Metode Web scraping dan Fuzzy Simple Additive Weighting. Metode Web scraping digunakan untuk mendapatkan data E-commerce dan metode Fuzzy Simple Additive Weighting digunakan untuk merekomendasikan barang terbaik. Dari hasil pengujian dan analisa yang telah dilakukan, fungsional sistem memiliki nilai akurasi 100%. Artinya sistem dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan perancangan. Perubahan jumlah data atau sensivitas berpengaruh pada nilai kesesuaian akurasi rekomendasi, semakin banyak data yang diuji maka semakin tinggi nilai kesesuaian rekomendasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/476/051608738
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 02 Sep 2016 10:35
Last Modified: 21 Oct 2021 16:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147042
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item