Rancang Bangun Sistem Penentuan Dosen Pembimbing dan Penguji Skripsi Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto”

Pratama, NinisPrimadona (2016) Rancang Bangun Sistem Penentuan Dosen Pembimbing dan Penguji Skripsi Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi merupakan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana yang membahas suatu permasalahan dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku. Skripsi juga bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah, sesuai dengan bidang ilmunya. Salah satu permasalahan dalam menyelesaikan skripsi adalah diperlukan dosen pembimbing dalam membimbing mahasiswa mengerjakan skripsi sesuai dengan keahlian yang dimiliki dosen. Begitu juga dengan dosen penguji yang akan menguji kelayakan skripsi mahasiswa. Dalam proses penentuannya, Ketua Program Studi masih menggunakan cara konvensional dengan mengandalkan pengetahuan pribadi tentang spesifikasi dosen tersebut dan dapat menimbulkan keputusan yang kurang tepat dan efektif. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu Ketua Program Studi untuk menentukan dosen pembimbing dan penguji secara cepat dan tepat. Penelitian ini mengimplementasikan metode Fuzzy Tsukamoto dalam menyelesaikan permasalahan penentuan dosen pembimbing dan penguji skripsi. Fuzzy Tsukamoto merupakan salah satu metode yang sangat fleksibel dan memiliki toleransi pada data yang ada. Kriteria yang digunakan dalam proses penentuan dosen pembimbing dan penguji meliputi laboratorium, mayor minor dosen, dan mata kuliah pendukung. Hasil pengujian dengan metode White Box menghasilkan tingkat kompleksitas sistem yang bernilai 5. Pengujian akurasi sistem dengan metode Tsukamoto memberikan akurasi sebesar 53%. Sedangkan hasil pengujian fungsional dengan metode Black Box menunjukkan bahwa keseluruhan fungsional dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/151/051601469
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Mar 2016 10:50
Last Modified: 21 Oct 2021 06:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146684
[thumbnail of RANCANG_BANGUN_SISTEM_PENENTUAN_DOSEN_PEMBIMBING_DAN_PENGUJI_SKRIPSI_MENGGUNAKAN_METODE_FUZZY_TSUKAMOTO.pdf]
Preview
Text
RANCANG_BANGUN_SISTEM_PENENTUAN_DOSEN_PEMBIMBING_DAN_PENGUJI_SKRIPSI_MENGGUNAKAN_METODE_FUZZY_TSUKAMOTO.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item