Pemodelan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Line Up Cabang Olahraga Futsal dengan Metode AHP-TOPSIS (Studi Kasus: Hefotris FILKOM UB

Junior, BogiFarizna (2015) Pemodelan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Line Up Cabang Olahraga Futsal dengan Metode AHP-TOPSIS (Studi Kasus: Hefotris FILKOM UB. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Futsal merupakan olahraga yang dimainkan dengan segala aspek kesederhanaan yang mengacu pada olahraga sepakbola. Seiring berjalannya waktu olahraga futsal berkembang semakin pesat. Populernya olahraga ini membuat klub-klub futsal berlomba untuk membuat timnya menjadi yang terbaik. Salah satu cara untuk menjadi klub yang terbaik adalah dengan cara memilih line up dari seluruh pemain di klub yang bersangkutan. Pemilihan line up pelatih futsal Hefotris saat ini terbilang tidak efektif dan efisien karena masih menggunakan konsep subjektifitas. Banyaknya pemain dan meratanya kemampuan setiap pemain juga membuat tim pelatih mengalami kesulitan dalam memilih line up dalam tiap pertandingannya. Diperlukan sistem pendukung keputusan sebagai alat bantu untuk melakukan pemilihan line up sehingga mempermudah pelatih dalam proses pemilihan line up. Sistem yang digunakan untuk memilih line up futsal menerapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yang digunakan untuk pembobotan tiap kriteria dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) yang digunakan untuk melakukan perankingan alternatif pemain dan selanjutnya digunakan untuk memilih line up. Hasil pengujian fungsional yang didapat adalah 100%, sedangkan untuk pengujian akurasi didapatkan tingkat akurasi 86.667%. Dapat disimpulkan bahwa sistem telah berjalan dengan baik dan metode AHP-TOPSIS dapat diterima untuk digunakan dalam pemilihan line up tim futsal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/177/051504797
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Komputer
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2015 09:15
Last Modified: 20 Oct 2021 07:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146216
[thumbnail of Laporan_Full.pdf]
Preview
Text
Laporan_Full.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item