Identifikasi Jenis Sel Leukosit pada Citra Mikroskopis Menggunakan Ekstraksi Fitur Geometri dan Klasifikasi Naive Bayes.

Dewi, NinaAmalia (2013) Identifikasi Jenis Sel Leukosit pada Citra Mikroskopis Menggunakan Ekstraksi Fitur Geometri dan Klasifikasi Naive Bayes. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Proses identifikasi jenis sel leukosit memiliki peran penting dalam lingkup hematologi untuk melakukan proses identifikasi secara otomatis. Pada penelitian ini, diusulkan identifikasi jenis sel leukosit dengan jenis neutrofil, limfosit, monosit, basofil, dan eosinofil menggunakan metode ekstraksi fitur geometri dan klasifikasi naive bayes . Proses tersebut bertujuan untuk mengenali jenis sel leukosit berdasarkan fitur geometri dari inti selnya. Proses diawali dengan prepocessing dan proses segmentasi warna. Kemudian dilakukan proses pelabelan objek dan noise filtering yang dilanjutkan dengan analisis bentuk objek dan ekstraksi fitur geometri. Fitur geometri yang diekstrak terdiri dari 8 fitur diantaranya area, perimeter, length, width, equivdiameter, compactness, dan elongation . Hasil dari proses ekstraksi fitur kemudian akan digunakan dalam proses identifikasi jenis sel. Uji coba dilakukan menggunakan parameter jumlah fitur dan pengujian akurasi pada masing-masing jenis sel. Untuk uji akurasi parameter jumlah fitur diperoleh kesimpulan bahwa jumlah fitur tidak mempengaruhi kenaikan nilai akurasi sistem. Kenaikan nilai akurasi lebih dipengaruhi oleh pemilihan fitur geometri yang tepat. Sedangkan untuk analisis penggunaan fitur geometri terhadap akurasi masing-masing jenis sel, diperoleh kesimpulan bahwa jenis sel limfosit memiliki tingkat akurasi sebesar 100% dengan nilai fitur circularity yang lebih menonjol dibandingkan sel yang lainnya yang memiliki nilai fitur yang saling beririsan sehingga menyebabkan kesalahan dalam proses klasifikasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2013/92/051306922
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Aug 2013 09:04
Last Modified: 20 Oct 2021 03:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145878
[thumbnail of 051306922.pdf]
Preview
Text
051306922.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item