Analisa Steganography Metode Minimum Error Least Significant Bit Replacement-Advanced Encryption Standard (MELSBR-AES) Pada Citra Digital.

Isya, LukmanAlKautsar (2012) Analisa Steganography Metode Minimum Error Least Significant Bit Replacement-Advanced Encryption Standard (MELSBR-AES) Pada Citra Digital. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Steganography adalah suatu seni atau ilmu yang digunakan dalam menyembunyikan keberadaan pesan menggunakan metode tertentu sehingga hanya penerima ( user ) saja yang mengetahui keberadaan pesan tersebut. Dalam steganography , ada beberapa media digital yang dapat digunakan sebagai cover untuk menyembunyikan keberadaan sebuah pesan, seperti : citra, audio, teks, video. Dalam tugas akhir ini, media cover yang digunakan adalah citra digital dengan format bitmap 24-bit. Metode steganography yang digunakan adalah model steganography yang didasarkan pada penyisipan secara Minimum Error Least Significant Bit Replacement-Advanced Encryption Standard (MELSBR-AES), Sifat dari metode MELSBR ini adalah beradaptasi dengan karakteristik lokal dari media penampung. Di dalam metode MELSBR terdapat beberapa tahap yang harus dilakukan untuk menyisipkan data digital, yaitu capacity evaluation , minimum-error replacement dan error diffusion . Media penampung yang digunakan berupa real cover image dan cartoon cover image serta data yang dapat disisipkan berupa berkas documen dan excel . Parameter yang digunakan untuk mengukur besarnya error pada stego image adalah MSE dan PSNR. Berdasarkan percobaan yang dilakukan terhadap 3 skenario pengujian, besarnya file yang dapat disisipkan yaitu message file harus lebih kecil dari ukuran cover image (maksimal 10%). Nilai MSE dan PSNR dinyatakan baik terhadap citra asli ( cover image ), bila nilai MSE semakin kecil dan PSNR semakin besar. Panjang key yang digunakan tidak berpengaruh secara significant terhadap perubahan kualitas PSNR dan besarnya error MSE, tetapi berpengaruh terhadap probabilitas pemecahan key 128; 192; dan 256 bit. Adapun nilai rata-rata MSE yang di hasilkan pada pengujian real cover image sebesar 1,4059 dan pada pengujian cartoon cover image sebesar 3,1523. Sedangkan, Nilai rata-rata PSNR yang di hasilkan pada pengujian real cover image sebesar 46,6514 dB dan pada pengujian cartoon cover image sebesar 43,1446 dB. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan real cover image lebih baik dibandingkan dengan cartoon cover image terlihat dari hasil nilai rata-rata MSE dan PSNR.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2012/11/051205768
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Jan 2013 10:34
Last Modified: 23 Oct 2021 08:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145702
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VII.pdf]
Preview
Text
BAB_VII.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item