Analisis Multiple Resource Leveling MenggunakanMetode Modified Minimum Moment Pada Pembangunan Pabrik Pakan Ternak Koperasi Agro Niaga Jabung,

Mulyawati, KarimaNadiah (2017) Analisis Multiple Resource Leveling MenggunakanMetode Modified Minimum Moment Pada Pembangunan Pabrik Pakan Ternak Koperasi Agro Niaga Jabung,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu aspek terpenting dalam berjalannya suatu proyek adalah perencanaan penjadwalan.Untuk mendapatkan penjadwalan yang baik, pengalokasian sumberdaya menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan. Pengalokasian sumberdaya dengan tepat dapat mengurangi terjadinya fluktuasi sumberdaya yang berlebih. Kebutuhan akan sumberdaya disesuaikan dengan jenis aktivitas yang akan dikerjakan, sehingga terdapat berbagai macam sumberdaya manusia sesuai dengan keahlian masing-masing dan kebutuhan tiap aktivitas. Jenis sumberdaya yang umumnya memiliki pengalokasian terbesar pada suatu proyek adalah tukang batu dan pekerja. Pengalokasian kedua sumberdaya tersebut dapat dilakukan dengan cara pemertaan sumberdaya. Pemerataan salah satu sumberdaya dapat berpengaruh terhadap sumberdaya lain. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan tiga metode perhitungan pemerataan yaitu pemerataan terhadap tukangbatu, pekerja, dan secara kombinasi guna mengetahui bagaimana hasil pemerataan pada masing-masing sumberdaya. Dalam penelitian ini pengalokasian sumberdaya dilakukan dengan cara pemerataan sumberdaya dengan menggunakan metode Modified Minimum Moment. Metode ini merupakan hasil pengembangan lebih lanjut dari metode sebelumnya yaitu metode Minimum Moment. Metode Modified Minimum Moment mengalami modifikasi pada rumus perhitungan nilai Improvement Factor (IF) yang nantinya digunakan untuk menentukan besar pergeseran pada suatu aktivitas. Sebelum melakukan perhitungan IF aktivitas terlebih dahulu diurutkan sesuai dengan tanggal dimulainya, lalu dilakukan perhitungan R (Jumlah pekerja) x S (nilai freefloat) guna menentukan urutan aktivitas yang akan dilakukan perhitungan nilai IF terlebih dahulu. Dalam metode ini hanya aktivitas yang berada pada lintasan non kritis yang dapat dilakukan pergeseran atau leveling. Untuk memudahkan analisis digunakan software Microsoft Project 2007 guna menentukan aktivitas kritis dan non kritis. Analisis dilakukan pada pembangunan gedung kantor Pabrik Pakan Ternak Koperasi Agro Niaga Jabung. Hasil dari analisis dan hasil leveling yang dilakukan baik terhadap tukang batu, pekerja, maupun kombinasi didapatkan penurunan jumlah maksimum pada sumberdaya tukangbatu. Semula jumlah maksimum yang dibutuhkan sebanyak 9 orang tukang batu, namun setelah dilakukan leveling jumlah maksimum tukang batu turun menjadi 7 orang. Sedangkan untuk pekerja tidak mengalami penurunan jumlah maksimum. Jumlah maksimum yang dibutuhkan untuk pekerja sebanyak 12 orang. Dengan demikian leveling terhadap tukang batu memiliki hasil yang lebih baik dari ketiga metode perhitungan yang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/22/051700572
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jan 2017 13:15
Last Modified: 23 Oct 2021 09:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145435
[thumbnail of 3._DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
3._DAFTAR_TABEL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._DAFTAR_GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4._DAFTAR_GAMBAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
6._RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._DAFTAR_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
5._DAFTAR_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_I.pdf]
Preview
Text
7._BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_II.pdf]
Preview
Text
8._BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_III.pdf]
Preview
Text
9._BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
10._BAB_IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 1._COVER_DAN_LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
1._COVER_DAN_LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2._DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
2._DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item