Pengaruh Rasio Tulangan Bambu Terhadap Kuat Lentur Balok Beton Bertulang Bambu dengan Campuran Serat Bambu dan Agregat Kasar Batu Apung

Faizal, Muhammad (2016) Pengaruh Rasio Tulangan Bambu Terhadap Kuat Lentur Balok Beton Bertulang Bambu dengan Campuran Serat Bambu dan Agregat Kasar Batu Apung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumah tahan gempa memiliki berat sendiri yang ringan karena berat sendiri sangat berpengaruh terhadap gaya gempa yang terjadi. Untuk mencapai berat yang ringan maka digunakan beton ringan sebagai material strukturnya. Peneliti berinovasi dengan menggunakan batu apung sebagai agregat kasar, menggunakan bambu sebagai tulangan, dan menambahkan serat bambu pada campuran beton. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh rasio tulangan bambu pada balok bertulang bambu dengan campuran serat bambu dan agregat kasar batu apung ditinjau dari kuat lentur balok. Penelitian ini menggunakan 12 benda uji balok beton bertulangan bambu dengan campuran serat bambu dan agregat batu apung. Penambahan serat bambu 40 dan 150 gr, komposisi semen dan agregat 1:2:1 dan 1:2,5:1,5, rasio tulangan 1% dan 1,5%. Rancangan benda uji menggunakan rancangan faktorial sebagian. Data yang akan didapatkan dari penelitian adalah beban maksimum, lendutan, dimensi dan berat, pola retak, kuat tekan beton, kuat lekat tulangan bambu dengan beton Penelitian ini menggunakan uji analisis varian satu arah dalam menentukan apakah rasio tulangan bambu berpengaruh terhadap kuat lentur balok beton bertulang bambu dengan campuran serat bambu dan agregat kasar batu apung. Uji analisis varian satu arah juga akan menunjukkan berapa persen tingkat kepercayaan dari hasil yang telah dianalisis. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan analisis varian satu arah (anova), menunjukkan adanya peningkatan dengan tingkat kepercayaan 61% (=39%) maka rasio tulangan memiliki pengaruh terhadap kuat lentur balok beton bertulang bambu dengan campuran serat bambu dan agregat kasar batu apung, namun pengaruh yang ada tidak signifikan karena dalam dunia ketekniksipilan agar suatu perlakuan dapat dikatakan memberikan pengaruh yang nyata maka nilai tingkat kepercayaan 95% (=5%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/583/051607942
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 22 Aug 2016 12:54
Last Modified: 21 Oct 2021 04:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144812
[thumbnail of JURNAL_M._FAIZAL.pdf]
Preview
Text
JURNAL_M._FAIZAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_M._FAIZAL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_M._FAIZAL.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item