BKG

Irawan, YusvariHarza (2016) Pengaruh Jarak dan Diameter Stop Drilled Holess terhadap Fatigue Life Pelat Aluminium Alloy,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Kemajuan peradaban manusia saat ini sangat membutuhkan mobiltas yang tinggi agar dapat mempersingkat waktu untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat lain dalam jarak yang jauh maka pesawat terbang menjadi pilihan. Kegagalan struktur tidak hanya diakibatkan karena beban berlebih dari titik ultimate material tetapi juga karena beban dinamis (pembebanan yang berulang-ulang atau berubah-rubah) baik secara axial, torsial, bending ataupun gabungan dari ketiga pembebanan tersebut secara berfluktuasi mengakibatkan kegagalan retak. Pada tahun 1996, Hoeppner menyatakan bahwa hampir 50-90% kegagalan diakibatkan oleh beban dinamis. Berbagai metode untuk menghambat retak telah banyak dikembangkan salah satunya dengan cara pemanfaatan lubang, yaitu dengan cara pengeboran sepasang lubang disekitar ujung retak. Penelitian ini bertujuan untuk memperpanjang umur guna Aluminium Alloy 2524-T3 dengan memvariasikan jarak dan ukuran diameter Stop Drilled Holess. Penelitian dilakukan menggunakan software software ANSYS Workbench 16.0 Static Structural yang berbasis Finite Element Method (FEM) dengan memberikan gaya tekan dan tarik sebesar 100MPa pada plat aliminium alloy dengan variasi jarak L adalah 0mm; 1,5mm; 3mm, jarak H adalah 3mm; 4,5mm; 6mm dan variasi diameter holess adalah 1.5mm; 3mm. Marerial yang digunakan adalah Aluminium Alloy 2524-T3 dengan permodelan bilinear kinematic hardening. Hasil dari penelitian ini berupa kontur fatigue life dan nilai fatigue life pada setiap konfigurasi dikonversikan dalam bentuk grafik dengan software excel 2013 untuk membandingkan nilai fatigue life disetiap titik pengujian pada masing-masing konfigurasi Stop Drilled Holess, dalam penelitian ini diperoleh stop drilled holes dengan nilai fatigue life paling tinggi adalah pada konfigurasi diameter 3mm jarak L0mm dan H6mm sedangkan nilai fatigue life paling rendah adalah pada konfigurasi diameter 3mm jarak L 3mm dan H 3mm.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/337/051604706
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144528
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item