BKG

Osria, MuhammadIyosYossieNur (2016) Pengaruh Variasi Sudut Winglet Dan Sudut Serang Menggunakan Sayap Airfoil Naca 2415 Terhadap Kinerja Aerodinamika Lift Dan Drag Secara Simulasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Winglet merupakan sayap kecil atau sayap tambahan yang berada pada ujung sayap yang di disain dalam bentuk melengkung atau miring keatas yang berfungsi untuk menghindari terjadinya aliran dari bagian bawah sayap yang mempunyai tekanan tinggi menuju bagian atas yang mempunyai tekanan rendah. Aliran udara dari bawah sayap tersebut menuju bagian atas melalui bagian ujung sayap akan bertemu dengan aliran dari bagian atas membentuk putaran udara atau turbulensi. Hal ini mempengaruhi sudut serang dan berpengaruh pada lift yang mampu dihasilkan sayap. Penelitian dilakukan dengan menggunakan simulasi Ansys 14.5, meneliti variasi sudut winglet dan sudut serang dengan menggunakan Airfoil NACA 2415 dengan tujuan untuk mengetahui kinerja koefisien lift dan drag dengan variasi sudut winglet 15°, 30°, 45°, 60° dan tanpa winglet dan juga sudut serang 0°, 8°, 10°, 12°, 14°, 16°, 18° sampai stall. Dari hasil penelitian secara simulasi dapat disimpulkan bahwa semakin bertambahnya sudut serang maka gaya lift nya akan semakin meningkat dan semakin bertambahnya sudut serang maka gaya liftnya cenderung menurun pada sudut serang tertentu diakibatkan karena stall. Variasi sudut winglet yang memiliki gaya lift tertinggi diperoleh pada winglet 30° sebesar 3.704509 pada sudut serang 14°.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/142/051601848
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144303
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item