BKG

AdySasongko, Novan (2016) Pengaruh Variasi Celah Katup Terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar 6 Langkah 1 Silinder Kapasitas 125 Cc. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi di berbagai bidang dewasa ini, maka segala sesuatunya sangat bergantung pada kemajuan teknologi tersebut. Salah satu teknologi saat ini yang berkembang begitu pesat adalah dalam bidang otomotif. Sepeda motor jenis SOHC (Single Over Heat Camshaft) ialah salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Sebagai dasar dari motor bensin jenis SOHC dalam riset dan perkembangannya memiliki kelebihan antara lain, mekanisme katup lebih ringkas, poros cam berada di kepala silinder dekat dengan mekanika katup, kerugian mekanik lebih kecil dan cocok untuk motor kecepatan tinggi, serta memperhatikan teknologi ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan motor bakar enam langkah berbasis penambahan durasi difusi massa campuran udara-bahan bakar dan durasi difusi termal dari komponen dinding silinder ke campuran udara-bahan bakar. Dengan mengetahui bagaimana perubahan jarak celah katup terhadap unjuk kerja motor bakar 6 langkah. Dalam penelitian motor bakar 6 langkah menggunakan intake clearance 0.05 mm, intake clearance 0.15 mm dan intake clearance 0.25 mm. Dengan interval putaran 500 rpm dan bukaan throttle karburator yang dikondisikan konstan 30 %. Untuk unjuk kerja dari motor bakar 6 langkah dinilai dari nilai torsi, daya efektif, SFCe dan efisiensi termal . Hasil yang diperoleh dalam pengujian ini bervariatif, dimana intake clearance 0.15 mm memiliki torsi, daya efektif, dan efisiensi termal efektif terbesar. Untuk intake clearance 0.05 mm yang paling rapat menghasilkan SFCe tertinggi, torsi dan daya efektif tertinggi kedua dikarenakan mengalami kerugian pada langkah kompresi. Sedangkan untuk intake clearance 0.25 mm yang paling renggang menghasilkan torsi dan daya efektif terkecil hal ini dikarenakan waktu bukaan katup terlalu singkat masa campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar lebih sedikit sehingga menghasilkan campuran bahan bakar dan udara yang sedikit dan pembakaran yang dihasilkan kurang baik.

English Abstract

Nowadays, the fast development of technology in various field is highly on technology advances. The one of technology that growth fast is otomotif technology. The kind of motorcycle SHOC (Single Over Heat Camshaft) is the one of transportation that widely used in Indonesia. Such as like based on gasoline combustion engine like SOHC in research and development has advantages there is valve mechanism more concise, cam shaft on head of cylinder near with valve mechanism, the detriment mechanism is more insignificant, suitable with enquickness engine and looking at environmentally friendly technology. The purpose of the research is to knows about development of 6 stroke combustion engine based on to increase duration diffusion mass mixed of the fuel and air into the system, duration diffusion termal on component interior cylinder mixed of the fuel and air. Aims to know the different effect of gap on valve clearance in performance of 6 stroke combustion engine. The research it used variant of intake clearance 0.05 mm, intake clearance 0.15 mm, and the last intake clearance 0.25 mm. The interval operation 500 rpm and opening throttle carburetor in constant conditioned is 30 %. On performance of 6 stroke combustion engine valued from torsi, effectively SFCs and efficiently termal. The result from the analysis is has positive variant effect on variant intake clearance 0.15 mm was torsi, effectively of power, and efficiently termal has biggest effect. For intake clearance 0.05 mm makes it more dense was highest of SFCe, torsi and effectively of power was a second higgest caused has detriment when the prosess of compression. Meanwhile for variant intake clearance 0.25 mm more estrangement was torsi and effectively of power smaller caused when opening valve more smaller so has the result mixed of the fuel and air smaller so the result of combustion is not good.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/1046/051612736
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Sugiantoro
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144212
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item