Rancang Bangun Sistem Pengereman Regeneratif Untuk Mengisi Baterai

Heriyanto, ArizkyErwinsyah (2015) Rancang Bangun Sistem Pengereman Regeneratif Untuk Mengisi Baterai. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mayoritas penduduk Indonesia menggunakan kendaraan roda 2 berbahan bakar minyak untuk sarana transportasi dalam kota, kendaraan tersebut dapat digantikan dengan sepeda listrik. Kontur jalan, khususnya di Malang begitu banyak naik dan turun. Pada saat jalanan turun biasanya kita menggunakan sistem pengereman mekanik dengan kampas rem untuk mengubah energi kinetik sisa menjadi energi panas. Sistem pengereman ini tidak efisien jika digunakan dalam sepeda listrik karena sepeda listrik dilengkapi dengan mesin listrik yang dapat melakukan pengereman regeneratif. Tujuan akhir yang diharapkan dalam penelitian ini adalah dapat merencanakan dan merealisasikan alat yang mampu melakukan pengereman regeneratif pada sepeda listrik. Sistem pengereman regeneratif membutuhkan sepeda, mesin arus searah tanpa sikat, penyearah tiga fasa tak terkontrol, boost converter, baterai, dan kontroler. Besar torsi pengereman pada mesin dipengaruhi oleh besar arus keluaran dari mesin tersebut. Sistem pengereman regeneratif ini dikendalikan dengan suatu mikrokontroler yang akan mengubah-ubah nilai dutycycle pada boost converter agar nilai arus masukan boost converter yang selalu berbanding lurus terhadap nilai arus keluaran mesin dapat berubah sesuai keinginan. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan energi rata-rata sebesar 0,0048360 Wh untuk kecepatan awal 30 km/jam dan 0,0100300 Wh untuk kecepatan awal 40 km/jam dengan beban inersia mesin saja.

English Abstract

The majority of Indonesian people using motorcycle that use gasoline for means of transportation in the city, this vehicle can be replaced with an electric bike. Contours of the road, especially in Malang so much up and down. When way down, we usually use mechanical braking system to convert kinetic energy become heat energy with brake pad. This brake system is not efficient if used in electric bike, because bldc machine can be operated as generator and perform braking (regenerative braking). The ultimate goal of this research are planning and realization a tool that can do regenerative braking for bicycle. Regenerative braking system requires a bike, brushless direct current machine, 3-phase uncontrolled rectifier, boost converter, battery, and controller. The braking torque value on the machine is affected by the output current value of the machine. The regenerative braking system is controlled by a microcontroller which will vary in boost converter dutycycle value so that the boost converter input current value that always directly proportional to the output current value of the machine can be changed as desired. Based on the test results, obtained average energy 0,0048360 Wh for the initial speed of 30 km/h and 0,0100300 Wh for the initial speed of 40 km/h with the engine inertial load only.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/683/ 051506862
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Oct 2015 14:17
Last Modified: 23 Oct 2015 14:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143818
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item