Kajian Penggunaan Tipe Peredam Energi Bendungan Kaliorang Berdasarkan Hasil Uji Model Fisik Skala 1:50

Satriyawan, Dedi (2015) Kajian Penggunaan Tipe Peredam Energi Bendungan Kaliorang Berdasarkan Hasil Uji Model Fisik Skala 1:50. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pentingnya air bagi para penduduk yang sebagian besar berprofesi sebagai petani. Untuk itu perlu diadakannya pemodelan bendungan Kaliorang serta pengujian model test untuk mengetahui kondisi hidrolika pada pelimpah sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pembangunan bendungan Kaliorang. Studi ini bertujuan untuk mengetahui kondisi aliran serta untuk mengetahui pemecahan masalah yang paling sesuai terhadap desain awal Bendungan Kaliorang. Dalam menganalisa hidrolika, menggunakan data pengukuran tinggi muka air yang diambil pada saat Running Test dengan variasi debit yang sudah ditentukan sebelumnya. Sebelumnya dilakukan dulu kalibrasi data debit outflow pada puncak pelimpah. Kemudian membandingkan data hasil pengukuran dengan hasil perhitungan untuk mengetahui tingkat perbedaannya. Dalam upaya mendapatkan desain yang paling bagus dilakukan beberapa alternatif desain. Mulai dari Original Design, Seri I, seri II, Seri III dan Final Design. Dari beberapa alternatif desain yang diujikan penggabungan antara Seri I dan Seri III mendapatkan hasil yang paling mendekati sempurna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/677/ 051506856
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 27 Oct 2015 13:27
Last Modified: 27 Oct 2015 13:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143811
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item