BKG

Septian, Ricky (2015) Pengaruh Air Fuel Ratio Terhadap Performa Motor Bensin 4 Langkah Sistem Injeksi Berbahan Bakar CNG. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Dalam beberapa dekade ini seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi kebutuhan akan sumber daya energi batu bara, minyak bumi, dan gas di dunia semakin meningkat. Mesin pembakaran dalam (Internal Combustion Engine) diharapkan masih dapat digunakan dalam sektor transportasi hingga beberapa dekade kedepan. Oleh karena itu, dibutuhkan sumber bahan bakar yang lebih aman, dan dapat terjamin ketersediaannya di masa depan. Dalam beberapa tahun ini banyak pengembangan teknologi yang dilakukan untuk dapat meningkatkan performa dari suatu kendaraan bermotor, contohnya adalah dengan menggunakan sistem injeksi kontrol elektronik. sehingga tingkat konsumsi bahan bakar dan emisi dari gas buang dapat dikurangi. Meskipun saat ini kebanyakan kendaraan bermotor telah menggunakan sistem injeksi bahan bakar, masih perlu dilakukan langkah preventif untuk mengatasi masalah tentang penggunan bahan bakar minyak. Salah satu sumber energi yang dapat dijadikan alternatif sebagai pengganti pada motor otto adalah Compressed Natural Gas (CNG). CNG biasanya dibuat dengan mengkompresikan gas CH4 atau Methane ke dalam bejana bertekanan. Penelitian ini mengamati pengaruh air fuel ratio terhadap performa motor bensin 4 langkah sistem injeksi berbahan bakar CNG. Alat yang digunakan adalah motor otto 4 langkah satu silinder bervolume 124.8cc dengan tekanan dan debit bahan bakar CNG diatur 3 bar dan 6 liter/menit. Massa alir udara masuk yang divariasikan sebesar 1251.846, 1537.956, 1779.157, 1991.66, 2183.778 dalam mg/s dan putaran mesin dengan variasi putaran 5250, 4813, 4375, 3938, 3500, dan 3063 putaran/menit Seiring dengan penambahan air fuel ratio dalam motor bakar Otto dengan bahan bakar CNG akan meningkatkan performa motor bakar hingga mencapai puncaknya pada kondisi yang mendekati sempurna hingga akhirnya mengalami penurunan dikarenakan pembakaran yang semakin tidak sempurna dan efisiensi volumetrik yang semakin menurun. Nilai torsi maksimal yang dihasilkan 4.27 kg•m pada 3063 rpm, daya efektif 1.731 Ps pada 3938 rpm, nilai SFCe 0.168 kg/Ps•jam pada 3938 rpm dan nilai efisiensi termal 31.56 % pada 3938 rpm dengan variasi massa alir 1537.956 mg/s, AFR 19.09. Dengan variasi massa alir udara yang sama, nilai torsi dan daya yang dihasilkan saat menggunakan bahan bakar CNG lebih rendah 14.67 % dan 11.37% jika dibandingkan dengan menggunakan bahan bakar bensin namun nilai SFCe dan efisiensi termal yang dapat dicapai dalam penggunaan bahan bakar CNG lebih baik 26.96% dan 20.6% jika dibandingkan dengan menggunakan bahan bakar bensin

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/515/051506015
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143623
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item