Optimasi Banyaknya Gentry Pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan Pendekatan Program Linier Untuk Memenuhi Permintaan (Studi Kasus: PT Pertamina Surabaya)

Silaban, Fajar Panogari and Arif Rahman, ST., MT., - and Rahmi Yuniarti, ST., MT., - (2014) Optimasi Banyaknya Gentry Pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan Pendekatan Program Linier Untuk Memenuhi Permintaan (Studi Kasus: PT Pertamina Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Pertamina merupakan perusahaan industri yang bergerak dalam bidang perminyakan dan juga pemasok utama minyak yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Perusahaan yang bergerak pada sektor industri perminyakan tersebut merupakan perusahan yang mengirimkan bahan bakar di wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara. Dengan adanya peningkatan pengguna kendaraan bermotor pada tahun 1987 sampai tahun 2012 maka PT Pertamina harus mampu menyiapkan dan memenuhi permintaan bahan bakar minyak. Untuk pemenuhan permintaan, PT. Pertamina Surabaya memiliki 5 gentry yang berkapasitas 2500 KL setiap gentry-nya dan memiliki 1200 menit (20 jam) yang digunakan untuk pengisian pada truk tangki pengangkut bahan bakar. Truk tangki yang digunakan memiliki tiga jenis kapasitas yaitu 24 KL, 32 KL, dan 40 KL. Kapasitas truk 24 KL dan 32 KL dapat mengirim bahan bakar sebanyak empat kali, dan untuk truk dengan kapasitas 40 KL dapat mengirim bahan bakar sebanyak tiga kali. Berdasarkan dengan jumlah permintaan, pengiriman dengan seluruh truk tangki dalam satu hari masih belum dapat memenuhi permintaan. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan dalam menentukan banyaknya gentry untuk memenuhi permintaan adalah dengan menggunakan dua model matematis. Model yang pertama menggunakan integer linear programming sedangkan model yang kedua merupakan kombinasi optimasi lokal terhadap banyaknya truk tangki yang ada. Langkah awal dalam penelitian yaitu menentukan batasan atau kendala yang ada untuk menentukan fungsi tujuan terhadap kedua model matematis tersebut. Selanjutnya, pembuatan model matematis sesuai dengan kendala yang telah didapatkan. Pada model matematis yang pertama diselesaikan dengan solver Microsoft excel dengan fungsi tujuan minimasi banyaknya gentry. Dan pada model matematis yang kedua diselesaikan dengan software Lingo 14.0 dengan fungsi tujuan maksimasi penggunaan truk tangki. Hasil penelitian adalah model matematis pertama didapatkan bahwa permintaan dapat terpenuhi dengan adanya penambahan gentry sebanyak 6 gentry. Untuk model matematis yang kedua didapatkan bahwa seluruh permintaan dapat terpenuhi jika menambahkan satu gentry untuk mengoptimalkan sisa truk tangki yang belum beroperasi. Kedua model matematis ini menunjukkan hasil yang sama yaitu melakukan penambahan gentry dari 5 gentry menjadi 6 gentry untuk memenuhi seluruh permintaan. Untuk model matematis pertama, ketika terdapat 5 gentry maka pemenuhan permintaan kurang 22 KL. Sedangkan ketika menggunakan 6 gentry permintaan terpenuhi dan kapasitas gentry masih tersisa 2 KL. Pada model matematis kedua, ketika terdapat 5 gentry maka pemenuhan permintaan urang 286 KL. Sedangkan ketika menggunakan 6 gentry permintaan terpenuhi dan kapasitas gentry masih tersisa 74 KL.

English Abstract

PT Pertamina are the petroleum company and also the main suppliers of oil that has spread all over the Indonesia. PT Pertamina as a petroleum industry is company that shipping the fuel in the region of East Java, Bali and Nusa Tenggara. Due to the increase of vehicle users in 1987 until 2012 so PT Pertamina must be able to prepare and fulfill the fuel oil demand. To fulfill the demand, PT Pertamina Surabaya has 5 gentry with 2500 KL capacity for each gentry and has 1200 seconds (20 hours) that used to filling in fuel oil tank truck. The used tank truck has three capacity, there are 24 KL, 32 KL, and 40 KL. The truck with 24 KL and 32 KL capacity could send the fuel oil in four time, and for the tank truck with 40 KL capacity could send the fuel oil in three time. Based on the number of demand, shipping using all the tank truck in one day still not be able to fulfill the demand. In this research, the method that used to determine the number of gentry to fulfill the demand are two mathematical models. The first model using integer linear programming and the second model is the combination of local optimization the number of tank truck. The first step in this research is define the limitation or constraint to determine the goal function to both of the mathematical models. The next step is create the mathematical model that accordance with the constraints that have been obtained. The first mathematical model is settled with solver in Microsoft Excel with the goal function is minimize the number of gentry. And for the second mathematical model is settled using software Lingo 14.0 with goal funtion to maximize the use of tank truck. The first mathematical model resulting that the demand can be fulfilled with the addition of 6 gentry. For the second mathematical model obtained that all of the demand will be fulfilled if the addition of one gentry to optimization the tank truck that has not been operate. Both of this mathematical models shows the same result, there are the addition of gentry from 5 gentry become 6 gentry to fulfill the entire demand. For the first mathematical model, when there are 5 gentry, the demand fulfillment less 22 KL. Whereas when using 6 gentry the demand are fulfilled and the gentry capacity remaining 2 KL. In the second mathematical model, when there are 5 gentry, the demand fulfillment less 286 KL. Whereas when using 6 gentry the demand are fulfilled and the gentry capacity remaining 74 KL.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/598/05106005
Uncontrolled Keywords: Optimasi, Integer Linear Programming, Kombinasi Optimasi Lokal, Gentry
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 18 Sep 2014 13:58
Last Modified: 09 Dec 2021 07:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142918
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover-summary.pdf]
Preview
Text
cover-summary.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_PROPOSAL.pdf]
Preview
Text
BAB_II_PROPOSAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_PROPOSAL.pdf]
Preview
Text
BAB_III_PROPOSAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_PROPOSAL.pdf]
Preview
Text
BAB_I_PROPOSAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item