Pengaruh Variasi Jarak Dan Jumlah Lapis Perkuatan Kombinasi Geotekstil Dan Anyaman Bambu Satu arah Terhadap Daya Dukung Dan Penurunan Pondasi Menerus Pada Tanah Pasir Poorly Graded.

Fadli, AjiGigihNur (2014) Pengaruh Variasi Jarak Dan Jumlah Lapis Perkuatan Kombinasi Geotekstil Dan Anyaman Bambu Satu arah Terhadap Daya Dukung Dan Penurunan Pondasi Menerus Pada Tanah Pasir Poorly Graded. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia dikenal memiliki jenis tanah yang sangat beragam. Mulai dari tanah pasir sampai lanau tersebar hampir di seluruh penjuru wilayah di Indonesia. Sedangkan pembangunan-pembangunan yang dilakukan sekarang hampir merata di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu pembangunan tidak hanya mencakup bangunan sederhana, namun lebih kearah bangunan dengan skala besar. Salah satu contohnya adalah jenis tanah pasir poorly graded. Tanah ini tidak mampu menerima beban yang terlampaui tinggi, sehingga untuk membangun bangunan skala besar tanah harus memiliki daya dukung yang tinggi. Oleh karena itu tanah pasir jenis ini harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum dipakai sebagai landasan konstruksi. Salah satunya adalah dengan memberikan perkuatan tanah (soil reinforcement) berupa lembaran geotekstil yang dihamparkan di atasnya. Bahan ini berfungsi mengandalkan kekuatan tarik material yang diletakkan sedemikian rupa sehingga memotong garis kelongsoran yang diperkirakan akan terjadi. Selain itu, sifat tarik bahan geotekstil dimanfaatkan untuk menahan tegangan atau deformasi pada struktur tanah.Selain perkuatan dengan geotekstil dapat juga digunakan bambu sebagai media perkuatan. Sebab, sifat mekanis bambu dapat memberikan kuat tarik yang cukup tinggi dalam perkuatan tanah, sehingga berfungsi sebagai penahan kuat tarik sedangkan tanah adalah sebagai media penahan kuat tekan. Pada penelitian ini dipakai model box dengan ukuran panjang 1,20 m, lebar 0,72 m dan tinggi 0,7 m. Penelitian ini dilakukan pada jarak antar perkuatan kombinasi dipasang pada 0,2B, 0,3B dan 0,4B. Serta dengan variasi jumlah lapis sebanyak 2 lapis dan 3 lapis. Sedangkan variasi urutan perkuatan dipasang secara selang-seling sehingga tidak ada jenis perkuatan yang sama pada dua perkuatan yang berurutan Proses pemadatan dalam model box dipadatkan dengan silinder beton yang digelindingkan. Pembebanan dilakukan dengan menambahkan beban setiap 25 kg secara bertahap hingga mencapai beban runtuh ditandai ketika tanah mengalami retak dan bucking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan perkuatan kombinasi meningkatkan daya dukung. Peningkatan daya dukung paling maksimum terjadi pada perkuatan kombinasi 3 lapis (anyaman bambu satu arah-geotekstil-anyaman bambu satu arah) dengan jarak antar perkuatan 0,4B. Berdasarkan pengujian ini dapat disimpulkan bahwa semakin banyak jumlah lapis perkuatan kombinasi daya dukung akan semakin besar. Selain itu, semakin jauh jarak antar perkuatan juga meningkatkan daya dukung, namun selama jarak perkuatan masih dalam bidang runtuh dan jarak tersebut masih menjadikan perkuatan anyaman bambu masih merupakan satu kesatuan elemen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/525/051405337
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Sep 2014 14:00
Last Modified: 22 Oct 2021 05:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142835
[thumbnail of 4._Bab_2.pdf]
Preview
Text
4._Bab_2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5._Bab_3.pdf]
Preview
Text
5._Bab_3.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 6._Bab_4.pdf]
Preview
Text
6._Bab_4.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 7._Bab_5.pdf]
Preview
Text
7._Bab_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._Lampiran.pdf]
Preview
Text
9._Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 1._Judul_skripsi.pdf]
Preview
Text
1._Judul_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
2._Daftar_Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3._Bab_1.pdf]
Preview
Text
3._Bab_1.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item