BKG

RohimHS,MuhammadNur, (2012) Pengaruh Variasi Sudut Convergent Grid Pada Intake Manifold Terhadap Kinerja Motor Bensin Berbahan Bakar Biogas. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pada perkembangan zaman yang sedemikian pesat seperti saat ini, kebutuhan akan alat transportasi menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipungkiri untuk membantu aktifitas sehari-hari. Sehingga permintaan akan alat transportasi akan semakin meningkat sedangkan cadangan minyak bumi sebagai bahan dasar untuk membuat bahan bakar fosil semakin berkurang. Dengan semakin meningkatnya penggunaan mesin transportasi maka akan meningkatkan kandungan emisi gas buang yang dihasilkan dari proses pembakaran mesin tersebut, terutama kandungan gas karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) yang merupakan gas yang berbahaya bagi kesehatan makhluk hidup. Berbagai cara telah banyak dilakukan untuk mencari solusi dari permasalahan diatas, salah satunya yaitu dengan penggunaan energi alterntaif. Energi alternatif yang paling mudah dibuat yaitu biogas. Selain penggunaan biogas sebagai energi alternatif, salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengurangi kadar emisi gas buang yaitu membuat proses pembakaran pada mesin berlangsung sempurna dengan cara memasang convergent grid sebagai pengganggu aliran campuran bahan bakar dengan udara sehingga dihasilkan campuran bahan bakar yang homogen. Pada penelitian ini dilakukan suatu perlakuan yang bertujuan membuat campuran bahan bakar dengan udara semakin homogen sehingga akan dihasilkan proses pebakaran yang sempurna. Jenis perlakuan yang digunakan yaitu dengan penambahan convergent grid sebagai pengganggu aliran bahan bakar dengan udara. Penggunaan convergent grid ini dilakukan dengan empat variasi sudut sebagai variabel bebas utama yaitu 150, 200, 250, dan 300, dan putaran mesin sebesar 5500 – 6500 rpm dengan kenaikan 200 rpm sebgai variabel bebas kedua yang dipasang untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kinerja motor karisma 125 cc dengan variabel kontrol yaitu bukaan throtle 100%, sudut engapian sebesar 390, dan jumlah lubang convergent grid 7 lubang. Hasil yang didapatkan dari berbagai perlakuan variasi sudut convergent grid menunjukkan peningkatan kinerja motor bensin empat langkah dalam hal ini yaitu torsi, daya efektif, SFCe, efisiensi termal efektif, serta penurunan nilai gas buang (gas CO dan HC) yang diakibatkan oleh semakin homogennya campuran bahan bakar dengan udara sehingga pembakaran yang terjadi menjadi sempurna.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/58/051200921
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141728
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item