Lendutan (Defleksi) Balok Akibat Pengaruh Variasi Prosentase Luas Tulangan Tekan Terhadap Luas Tulangan Tarik Pada Tumpuan Dalam Kondisi Gempa

Rahman, DwiFajar (2012) Lendutan (Defleksi) Balok Akibat Pengaruh Variasi Prosentase Luas Tulangan Tekan Terhadap Luas Tulangan Tarik Pada Tumpuan Dalam Kondisi Gempa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada saat merencanakan suatu balok yang tahan gempa sangat berbeda dengan merencanakan balok yang tidak tahan gempa. Hal ini dikarenakan konstruksi menerima beban gempa dari berbagai arah. Sehingga momen – momen yang terjadi tidak sesuai dengan momen saat perencanaan atau dapat dikatakan momen saat terjadi gempa akan berubah – ubah (Positif menjadi negate atau negative menajdi positif). Untuk itu memerlukan penanganan khusus dalam hal redistribusi momen. Menurut SKSNI T-15- 1991-03 [8], nilai maksimum dari redistribusi momen adalah sebesar 30 % 3 4 dengan  -  ’ < 0,5  b , dimana  adalah rasio tulangan tarik,  ’ adalah rasio tulangan tekan sedangkan  b adalah rasio tulangan tarik dalam keadaan balance (seimbang). Sehingga dari pernyataan tersebut dapat diartikan bahwa tulangan lentur positif didaerah tumpuan jumlahnya disyaratkan minimum 50% dari jumlah tulangan lentur negative. Syarat yang lain suatu balok harus memiliki kemampulayanan yang baik yaitu salah satunya lendutan. Lendutan balok-balok struktural merupakan fungsi dari panjang bentang, perletakan, atau kondisi-kondisi ujungnya (seperti tumpuan sederhana atau ada tahanan karena kesinambungan batang), jenis pe mbebanan (beban terpusat ataukah beban terdistribusi), dan kekakuan lentur EI dari elemen. Dengan ada adanya penambahan tulangan tumpuan yang masuk ke lapangan maka momen kapasitas balok berubah dan nilai inersia efektif balok juga berubah. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil variasi balok uji sebesar 20 %, 30 %, 40 %, dan 50 % dengan menggunakan balok berukuran 10 cm x 15 cm x 150 cm, dengan jarak antar tumpuan 125 cm. Tiap variasi di buat 3 buah sehingga total benda uji sebanyak 12 buah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar nilai lendutan yang terjadi dengan adanya variasi prosentase luas tulangan tekan terhadap luas tulangan tarik pada tumpuan balok dalam kondisi gempa, dan mengetahui bagaimanakah bentuk grafik yang menggambarkan hubungan antara variasi prosentase luas tulangan tekan terhadap luas tulangan tarik pada tumpuan balok dengan lendutan pada balok beton bertulang. Berdasarkan analisis statistik hasil pengujian dengan mengambil resiko kesalahan 5 % di dapat nilai fhitung = 12,06 > f tabel = 4,07 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari variasi prosentase tulangan tekan terhadap luas tulangan tarik pada tumpuan balok terhadap lendutan (defleksi) balok. Sedangkan grafik hubungan antara variasi prosentase luas tulangan tekan terhadap tulangan tarik pada tumpuan dengan lendutan balok beton bertulang menunjukkan bahwa nilai lendutan minimum terjadi pada prosentase 50% dan terjadi penurunan nilai lendutan seiring dengan penambahan variasi prosentase tulangan yang digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/45/ 051200880
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Mar 2012 08:58
Last Modified: 09 Mar 2012 08:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141601
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item