BKG

Kurniawan, Wahyu (2012) Analisis Bentuk Penampang Crash Box Persegi Panjang pada Uji Pendulum Impak Bumper. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Perkembangan teknologi di bidang otomotif menuntut sistem keamanan yang lebih baik pada kendaraan. Seiring dengan pesatnya perkembangan proses manufaktur menghasilkan material dengan kualitas yang lebih baik namun dengan biaya perbaikan kerusakan yang semakin tinggi. Oleh karena itu dimulailah penelitian mengenai struktur tambahan pada kendaraan untuk meminimalisasi kerusakan akibat kecelakaan yaitu crash box sebagai penyerap energi. Dengan pertimbangan dalam otomotif yaitu berat kendaraan merupakan faktor penting maka digunakan material crash box yang ringan yaitu aluminium. Pada penelitian ini dilakukan proses simulasi dengan bantuan software elemen hingga ANSYS Workbench 13 dengan tipe pengujian pendulum impak bumper sesuai standar FMVSS 581 dengan kecepatan pendulum 16 km/jam. Variasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penampang crash box yaitu 50x128 mm, 64x100 mm, 80x80 mm, 100x64 mm dan 128x50 mm dengan material yang digunakan adalah aluminium AA7003-T7. Dari penelitian ini diperoleh bahwa kemampuan menyerap energi meningkat seiring dengan peningkatan momen inersia luasan penampang crash box, dengan kemampuan menyerap energi terbesar pada crash box 128x50 mm sebesar 390 J. Deformasi crash box menurun seiring dengan peningkatan momen inersia luasan penampang dengan nilai maksimum sebesar 16,757 mm pada crash box dengan momen inersia luasan penampang terkecil yaitu 50x128 mm.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/437/051202877
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141589
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item