Pengaruh Remittance terhadap Aspek Sosial, Ekonomi dan Infrastruktur Desa (studi kasus Desa Bulupitu dan Desa Sepanjang, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang)

Aini, Nurul (2012) Pengaruh Remittance terhadap Aspek Sosial, Ekonomi dan Infrastruktur Desa (studi kasus Desa Bulupitu dan Desa Sepanjang, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jumlah pengangguran di pedesaan hingga saat ini masih cukup tinggi. Namun, lapangan pekerjaan yang ada baik di kota ataupun desa sangat terbatas. Hal ini membuat masyarakat desa yang hanya memiliki pengetahuan dan kemampuan seadanya memutuskan menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). TKI adalah setiap warga negara Indonesia yang memenuhi syarat untuk bekerja di luar negeri dalam hubungan kerja untuk jangka waktu tertentu dengan menerima upah (UU RI No.39 Tahun 2004). Masyarakat lebih memilih menjadi TKi dikarenakan gaji yang ditawarkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bekerja di dalam negeri, selain itu kurangnya lapangan pekerjaan juga membuat masyarakat memilih menjadi TKI. Setiap tahun, para TKI tersebut mengirimkan remittance kepada keluarga di daerah asal. Remittance merupakan uang yang dikirim ke desa selama pelaku mobilitas tidak berada di desa (hugo dalam Subianto, 2006). Remittance tersebut bisa digunakan untuk kepentingan keluarga, baik untuk kepentingan sosial, ekonomi dan infrastruktur. Maka pada penelitian ini dilakukan suatu identifikasi pengaruh remittance terhadap aspek sosial, ekonomi dan infrastruktur pada Desa Bulupitu dan Sepanjang. Desa tersebut memiliki karakteristik TKI yang berbeda serta potensi dan masalah sosial, ekonomi dan infrastruktur yang berbeda pula. Desa Bulupitu merupakan desa dengan jumlah TKI terbanyak dan Desa Sepanjang memiliki jumlah TKI paling sedikit. Metode pengumpulan data dilakukan dnegan survey primer dan sekunder. Survey primer dilakukan dengan wawancara dan observasi wilayah studi. Data-data yang telah didapatkan tersebut kemudian dianalisis (1) deskriptif, mengidentifikasi potensi, masalah sosial, ekonomi dan infrastruktur Desa Bulupitu dan Desa Sepanjang, (2) evaluative, mengidentifikasi pengaruh remittance terhadap aspek sosial, ekonomi dan infrastruktur Desa Bulupitu dan Desa Sepanjang. Hasil yang didapatkan pada Desa Bulupitu, yaitu adanya pengaruh terhadap variabel ekonomi dan infrastruktur, sedangkan pada Desa Sepanjang adanya pengaruh remittance terhadap variabel ekonomi. Berdasarkan hasil tersebut maka diberikan suatu rekomendasi, salah satunya berupa peningkatkan kualitas prasarana jalan yang ada di Desa Bulupitu, pembangunan rumah sesuai dengan kriteria rumah sehat dan lingkungan layak serta meningkatkan penggunaan air sumur .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/323/051202758
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Nov 2012 12:10
Last Modified: 20 Oct 2021 06:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141479
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Persetujuan.pdf]
Preview
Text
Lembar_Persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item